Ketua KPK: Saya Sewa Helikopter Demi Kecepatan Mobilitas, Bukan Hidup Mewah

0
2
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri. (foto: Antara)

Jakarta, buktipers.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, menyanggah tudingan menganut hidup mewah terkait penggunaan helikopter saat dalam perjalanan di Sumatera Selatan. Helikopter, kata Firli, disewa untuk memudahkan mobilitasnya.

“Saya lakukan karena untuk tuntutan kecepatan mobilitas, saya mengabdi kepada bangsa dan negara, makanya apa pun saya korbankan untuk bangsa dan negara. Jangankan uang dan harta, nyawa pun saya pertaruhkan untuk bangsa dan negara,” kata Firli dalam keterangannya di Jakarta, Senin (24/8/2020).

Sebelumnya, Firli diadukan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada Rabu (24/6/2020) terkait dugaan pelanggaran kode etik oleh pimpinan KPK.

Pada Sabtu (20/6/2020), Firli melakukan perjalanan dari Palembang ke Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel) untuk urusan keluarga, yakni ziarah ke makan orangtuanya.

Perjalanan tersebut menggunakan helikopter milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO berkategori mewah (helimousine) yang juga pernah digunakan oleh pakar marketing Tung Desem Waringin.

Firli memastikan transportasi helikopter itu tidak difasilitasi oleh pihak swasta melainkan dengan biaya pribadi.

“Semua saya kerjakan untuk kemudahan tugas saya dan bukan untuk kewahan. Gaji saya cukup untuk membayar sewa heli dan ini bukan hidup mewah, semua biaya saya bayar sendiri,” lanjutnya.

Dewan Pengawas KPK menjadwalkan sidang dugaan pelanggaran kode etik pada Selasa (25/8/2020) besok. Firli memastikan dirinya akan bertindak kooperatif dengan menghadiri sidang tersebut.

“Saya ini orang kerja, prinsipnya saya tetap kerja saja. Saya akan hadiri karena sidang ini kegiatan yang dilakukan sebagai wujud amanat undang-undang. Mekanisme ini pun merupakan kegiatan untuk klarifikasi dan menjelaskan secara detail objek permasalahannya. Saya sangat menghargai proses ini,” pungkasnya.

 

Sumber : iNews.id