Ketua Panwasli Pinangsori, “Atribut Paslon Harus Bersih Dari Lokasi TPS “

0
391
Dijual Rumah

Buktipers.com- Tapteng (Sumut)

Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) tingkat desa dan kelurahan se Kecamatan Pinangsori diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pengawasan,dalam Pelaksanaan Pilgubsu 2018 mendatang.

Bimtek ini persiapan jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera utara(Sumut) serentak pada 27 Juni 2018.

Kegiatan pelantikan dan Bintek ini dihadiri langsung Zirzie Saidan Panjaitan, SE (Panwaskab) Taviv AS Sigalingging (Ketua), Fajar S Marbun dan Irfan Padly Pandiangan.

Bimtek Pengawas TPS se-Kecamatan Pinangsori di gelar pada selasa 19/06/2018, dengan materi tentang Pemungutan,Penghitungan,dan Rekapitulasi suara di TPS,di adakan di Aula Kantor Camat Pinangsori,Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatra Utara.

Ketua Panwasli Kecamatan mengatakan memang sengaja usai pelantikan anggota PTPS mereka langsung diberikan pelatihan pengawasan.

Tujuannya supaya anggota PTPS paham terhadap tugas dan fungsinya sebagai pengawasan di tingkat TPS dari sebelum dan saat pencoblosan.

“PTPS ini merupakan ujung tombak dari pada pengawasan dilapangan karena mereka ditugaskan langsung saat pemungutan suara,”ujar Taviv.

Tavip,juga berpesan agar dalam pengawasan tidak saja petugas PPS yang di awasi,namun juga lingkungan TPS berada,dan memastikan lokasi tersebut steril dari Brosur maupun stiker,atau pun atribut lain yang menyangkut akan satu Pasangan Calon Gubernur.

“Kita juga harus mengamati sekitar TPS,agar jangan ada Brosur atau pun Stiker stiker Paslon di area TPS.
Juga para warga yang hendak memilih juga di harapkan jangan mengenakkan pakaian yang ada unsur atribut dari salah satu Paslon.
Kita berhak menegur mereka.”Ungkapnya menjelaskan.

Dirinya berharap kepada anggota PTPS bisa menjalankan tugas dan fungsinya untuk menghindari terjadinya kecurangan pada saat pencoblosan maupun pendistribusian logistik.

Sementara, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga juga mempertegaskan PTPS ini bukan hanya bertugas pada saat pencoblosan.

Fajar anggota Panwasli kecamatan juga menyampaikan bahwa anggota PTPS juga bertanggung jawab mengawasi pendistribusian logistik dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

“Selain itu, jika ada temuan kecurangan seperti money politik bisa dilaporkan ke Panwaslucam dengan diperkuat alat bukti yang cukup,” katanya.(Job Purba)