Ketua TP PKK Labuhanbatu Monitoring Pelaksanaan IVA Test di Puskesmas Janji Bilah Barat

0
7
Ketua TP. PKK Kabupaten Labuhanbatu, dr. Hj. Maya Hasmita Erik Adtrada Ritonga SpOG, monitoring pelaksanaan IVA Test, di Puskesmas Janji Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (02/11/2021).
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Ketua TP. PKK Kabupaten Labuhanbatu, dr. Hj. Maya Hasmita Erik Adtrada Ritonga SpOG, bersama rombongan, melakukan monitoring pelaksanaan IVA Test, di Puskesmas Janji Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (2/11/2021).

Dalam kesempatan ini, dr. Hj. Maya Hasmita menyampaikan terima kasih kepada ibu-ibu yang melakukan pemeriksaan IVA Test berjumlah 150 orang. Keinginan ibu-ibu ini sangat kami apresiasi, karena ibu-ibu mulai sadar betapa pentingnya melakukan IVA Test, ucapnya.

Ketua TP. PKK Labuhanbatu juga menjelaskan, IVA Test adalah pemeriksaan pada mulut rahim untuk mendeteksi resiko kanker serviks, dimana sepuluh persen angka kematian ibu terjadi akibat kanker serviks.

Beberapa bulan belakangan ini, sudah jarang saya dengar penderita kanker serviks, artinya para ibu-ibu mulai sadar betapa pentingnya melakukan IVA Test. Program IVA Test ini akan kita laksanakan di seluruh Puskesmas se Kabupaten Labuhanbatu, agar kaum ibu terbebas dari kanker serviks, sebutnya.

Lebih lanjut, dr Hj Maya mengatakan, disamping pemeriksaan IVA Test, para ibu-ibu juga diminta agar tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat ( PHBS) kepada seluruh Kader PKK.

Usai menyampaikan kata sambutan, Ketua TP. PKK Kabupaten Labuhanbatu langsung melihat keruangan pelaksanaan IVA Test dan sekaligus memberikan cenderamata kepada ibu-ibu yang mengikuti IVA Test.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Janji Kecamatan Bilah Barat, Raja Ritonga dalam laporannya menyampaikan, bahwa ibu-ibu yang mengikuti IVA Test tersebut berjumlah 150 orang dan kita sudah persiapkan ruangan khusus sebanyak empat tempat tidur.

Camat Bilah Barat, M. Noor Putra dalam pidato penyambutannya mengatakan, masyarakat Kecamatan Bilah Barat mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ketua TP.PKK Labuhanbatu atas kesedian melakukan monitoring pelaksanaan IVA Test di Puskesmas ini.

Kedatangan Ibu TP PKK ke Kecamatan kami ini adalah merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami dan kami berharap Kecamatan Bilah Barat tetap diperhatikan terutama dalam pelayanan kesehatan, ucap M.Noor Putra.

 

(Syafii Harahap)