Kinerja DLH Sergai Dinilai Lamban, Uji Laboratorium Limbah PT. STS Belum Ada Hasil

0
231
Foto bersama usai mengambil sampel air yang diduga tercemar limbah milik PT Sari Tani Sumatera (STS) dari Sungai Rampah dan Bedagai.
Dijual Rumah

Buktipers.com – Sergai (Sumut)

Hingga saat ini, uji laboraturium yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH) Sergai atas limbah milik PT Sari Tani Sumatra (STS) yang diduga mencemari sungai Rampah dan sungai  Bedagai, belum membuahkan hasil.

Padahal, pihak dari instansi tersebut telah melakukan pengambilan sampel air limbah PT STS yang berlokasi di Desa Cempedak Lobang Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), beberapa waktu yang lalu.

Sementara masih banyak lagi pabrik ataupun pengusaha yang diduga membuang limbah dibantaran sungai. Jika dibiarkan terus menerus dikhawatirkan akan dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat, khususnya warga yang tinggal di tepi sungai.

Mengambil sampel air yang diduga tercemar limbah milik PT Sari Tani Sumatera (STS) dari Sungai Rampah dan Bedagai.

Apalagi pada satwa air, seperti ikan udang yang mati mengambang baru-baru ini di sungai Bedagai, kecamatan Tanjung Beringin.

Hal ini disampaikan ketua NGO-PMBDS, Aswad, di Sei Rampah, Rabu (15/5/2019), lalu.

Aswad menambahkan, lambannya hasil uji lab atas limbah tersebut, mengindikasikan kinerja pihak DLH Sergai kurang profesional dalam menangani permasalahan limbah.

Mengambil sampel air yang diduga tercemar limbah milik PT Sari Tani Sumatera (STS) dari Sungai Rampah dan Bedagai.

Kita berharap pada Pemerintah khususnya Bupati Serdang Bedagai agar lebih serius menanggapi limbah perusahaan yang dinilai dapat mencemari lingkungan, melalui perairan di Sergai, ungkap Aswad.

Ketika dikonfirmasi awak media, Kepala DLH, Syaprial Budi, melalui nomor WhatsApp (WA), Kamis (16/5/2019) mengatakan, hasil uji laboratorium (Lab) akan diketahui 30 hari kerja.

“Lita menunggu hasil tersebut, baru bisa kita memutuskannya,”ungkap Syafrial.

(ML.hrp)