Beranda Kriminal KMP Tao Toba II Mau Disulap Jadi Kapal Wisata Megah dan Canggih

KMP Tao Toba II Mau Disulap Jadi Kapal Wisata Megah dan Canggih

121
0
Management dan Pimpinan PT Gunung Hijau Megah KMP Tao Toba, Marisi Sitanggang, Idris Zaldi Enginereeng, bersama timnya dan crew saat foto bersama sebelum menikkan KMP Tao Toba II naik doki. (Foto/Stg)

Samosir, buktipers.com – Mendukung program Nawacita Presiden Republik Indonesia untuk membangun Indonesia dan memperkuat kabupaten yang dimulai dari pedesaan, pihak Management PT Gunung Hijau Megah (PT GHM), meronovasi KMP Tao Toba II, demi Kenyamanan para wisatawan dan para pelanggan KMP Tao Toba, Kamis (1/8/2019).

Untuk meningkatkan kenyamanan penumpang jasa kapal penyeberangan antar pelabuhan di Danau Toba Ajibata-Tomok, KMP Tao Toba II naik dok untuk memperbaiki dan mendesain kapal menjadi kapal wisata yang megah.

Sebelum KMP Tao Toba II naik dok fery ini, diawali dengan kebaktian singkat dipimpin Pendeta Resort Tomok,  Pdt A Tampubolon,  MDiv,  dengan mengusung thema, “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia,  dan kepada Dia, bagi Dia lah kemuliaan sampai selama-lamanya”.

Hadir juga sejumlah tokoh masyarakat dan warga sekitar Tomok dan Kepala Desa. Tomok Parsaoran Mangiring Sidabutar serta Management PT GHM, Marisi Sitanggang.

Baca Juga!  Tidak Hanya Rumah, Pemakaman juga Dihantam Banjir Bandang, Mayat dan Tulang Belulang Berserakan

Marisi Sitanggang menyampaikan, bahwa desain KMP Tao Toba II akan memperpanjang tempat penumpang, dengan kapasitas 300 orang ,dengan membuat fasilitas penunjang, baik untuk smooking area dan ‘cavetarian/kantin yang bagus dengan desain yang akan memanjakan para penumpang dan para wisatawan.

Akan tetapi panjang KMP Tao Toba II ini tetap disesuaikan dengan dermaga Ajibat. Dimana kelak, kita akan sama-sama berlabuh di dermaga yang telah dibangun oleh Pemerintah di Ajibata,  ujar Sitanggang.

Jadi panjang kapal fery tetap 10,49 x 40,20 M dan tinggi 2.3 M. Mesin juga diganti menjadi 650 PK, tingkat kecepatan 35 menit, jelasnya.

KMP Tao Toba II yang akan diperbaiki lebih canggih lagi. (Foto/Stg)

“Jadi jika selama ini rute Ajibata-Tomok memakan waktu hampir satu jam,  dengan revitalisasi terbaru ini, KMP Tao Toba II akan mampu berpacu kurang lebih 25 menit, sehingga kita akan mampu menambah trip, demi pelayanan prima kepada penumpang dan kepada wisatawan, “ujar Marisi.

Baca Juga!  Polisi Diminta Ungkap Kasus Perambahan Hutan Kawasan Danau Toba

Maka untuk itu, setelah kapal ini kita naikkan ke dok, kita akan mengundang Kesyahbandaran dan semua akan dichek kembali,  kita akan ikuti segala peraturan yang ada, katanya.

Kita juga mengundang Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), sehingga kapal ini lebih berkelas, sekalaigus memiliki gress akte, dan akhirnya kita pun harus siap untuk menaikkan kapal kita ini sekali setahun ‘naik dok’, katanya.

Sementara itu, PT Biro Klasifikasi Indonesia atau BKI adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang ditunjuk sebagai satu-satunya badan klasifikasi nasional untuk melakukan pengkelasan kapal niaga berbendara Indonesia, maupun asing yang secara reguler beroperasi di perairan Indonesia.

Kita juga akan ikut dalam kategori pengkelasan kapal itu, dan setelah pengerjaan ini berlangsung 3.5 bulan dan pada minggu pertama, Desember mendatang, kita sudah dapat berlayar kembali melayani penumpang.  Jadi layanan libur Desember tidak akan terganggu, tutup Marisi.

Baca Juga!  Ketua Komisi A Minta Semua KJA Dibersihkan dari Danau Toba

Idris Zaldi, engireeng dan penanganggung jawab seluruh perbaikan KMP Tao Toba mengatakan, bahwa timnya akan bersinergi sekaligus menjaga kualitas dan kuantitas selama melakukan perbaikan dan renovasi KMP Tao Toba II.

Sebab setelah ini,  kami juga akan segera melakukan renovasi dan perbaikan lagi kepada KMP Tao Toba I,  Kata Idris yang memiliki crew 50 orang itu.

Sementara perubahan jadwal dengan layanan kapal KMP Tao Toba I dari Ajibata akan diberangkatkan jam 08.30 WIB,  dari Tomok ke Ajibata, berangkat pukul antara pukul 05.00 WIB, ujar A. Nanda Sitanggang, sebagai koordinator operasional KMP Tao Toba.

 

(Stg)

 

Loading...