Beranda Lintas Provinsi Lapor !! Pak Polisi Knalpot Racing Dipringsewu Menjamur

Lapor !! Pak Polisi Knalpot Racing Dipringsewu Menjamur

108
0
Loading...

 

Buktipers.com – Pringsewu (Lampung)-Menjamurnya knalpot racing di Kabupaten Pringsewu mulai dirasakan keresahannya oleh warga, memang knalpot racing dinilai bikin performa motor jadi makin ‘garang’. Namun, membawa motor dengan knalpot racing turun ke jalanan ternyata bisa membuat pengendaranya kena masalah.

Wagiman mengatakan, Polisi berhak menilang pengendara motor dengan knalpot racing karena ada undang-undang yang mengatur terkait hal tersebut.

” Setiap kendaraan bermotor yang digunakan di jalan diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Termasuk dalam hal kebisingan suara yang termaktub dalam pasal 48 ayat 3b, ” Ucapnya. Kamis (07/03/19)

Lanjutnya, untuk tingkat kebisingan kendaraan bermotor diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 7 tahun 2009.

Baca Juga!  5 Petani di Tegal Diserang Koloni Lebah, 1 Tewas Mengenaskan

” UU 22 tahun 2009 pasal 285 yang menyebutkan bahwa: Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250 juta, ” ujarnya.

Ditambahkan Wagiman, apalagi kenalpot tersebut di gunakan di jalan umum serta jalan lingkungan padat penduduk sehingga suara keras dari kenalpot tersebut sangatlah menggangu kenyamanan lingkungan sekitar.

Baca Juga!  Miris…Mayat Bayi Perempuan Mengapung di Pantai Celincing, Diduga Baru Dilahirkan

“Terutama kalau malam minggu, banyak sekali club-club motor yang pada nongkrong di pinggir jalan menggunakan kenalpot racing juga kenalpot bobokan yang sengaja konfoy di jalan umum” selain suaranya keras dan bising bikin sakit telinga, juga cara mereka berkendara mengganggu kenyaman para pengguna jalan yang lainnya.

Ia (red) berharap kepada pihak- pihak terkait kiranya dapat menghimbau serta menertibkan siapa saja yang menggunakan kenalpot yang tidak standar agar di berikan sanksi berat sebagai efek jera

Tidak hanya club- club motor, tapi sanksi tersebut berlaku bagi seluruh para pengendara motor yang menggunakan kenalpot racing ataupun kenalpot bobokan yang melintas di jalan umum serta jalan lingkungan padat penduduk supaya suara kenalpot tersebut tidak lagi mengganggu kenyaman masyarakat tutup wagiman.(N)

Loading...