KNPI SIbolga Dilantik, Ivan: Mari Tangkap Getaran Sumpah Pemuda

0
139
IMG-20180407-WA0024
Loading...

BuktiPers.Com – Sibolga (Sumut)

Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sibolga menjalani proses pelantikan di Gedung Nasional, Jalan FL Tobing, Kota Sibolga, Jumat (6/4/2018).

Hadir pada pelantikan tersebut Wakil Ketua DPD KNPI Sumut, Alim Nur Nasution dan beberapa pengurus DPD lainnya, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk dan sejumlah SKPD dan Forkopimda, Ketua KNPI Tapteng Rahmansyah Sibarani dan jajaran pengurus, para perwakilan OKP di Kota Sibolga, kalangan pelajar dan pramuka.
Ketua DPD KNPI Sibolga, Ivan Arvandi Harahap dalam sambutannya menekankan untuk mengembalikan semangat kepemudaan sebagaimana Sumpah Pemuda 1928 dicetuskan.

“Sebagai pesan suci, kami pemuda Sibolga menyadari sepenuhnya dengan khidmat menangkap getaran Sumpah Pemuda yang menggariskan tekad satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa Indonesia,” ucap Ivan.

Baca Juga!  Polres Aceh Tamiang, Amankan 1 Pucuk Senpi M16 Dari Warga

Dia menyebutkan pihaknya menyadari sepenuhnya panggilan dan makna kepemudaan itu. Yakni sebagai lokomotif penggerak tercapainya cita-cita pembangunan menuju jenjang yang lebib baik. Tak hanya itu, Ivan juga mengajak agar kalangan pemuda menjadi garda terdepan menjaga pembangunan yang tengah berlangsung di Kota Sibolga.

“Kalau ada yang mengganggu pembangunan, kita harus siap menjadi benteng dari gangguan tersebut. Kalau ada yang salah kita harus yang pertama member solisi bukan kritik yang tidak beralasan, kalau ada yang merusak kita harus siap sebagai pelindung sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik,” pungkas Ivan.

Wakil Ketua DPD KNPI Sumut, Alimnur Nasution, mengaku mengapresiasi keberhasilan KNPI Sibolga dalam merangkul elemen-elemen pemuda di kota tersebut.

“Luar biasa mengkonsolidadikan elemen pemuda, kami punya hutang sejarah, hutang budi, kenapa? Kalau tidak dimulai KNPI Sibolga dan Tapteng barangkali KNPI Sugiat Santoso tidak akan menjadi pengurus,” kata Alimnur.

Baca Juga!  Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu Musnahkan Barang Bukti, Ini Perkara Yang Mendominasi

Dia menambahkan, bagi kalangan pemuda saat ini bukan lagi saatnya menempatkan diri pada posisi pihak yang mencari-cari kesalahan, melainkan menjadi mitra bagi pemerintah.

“Agar menjadi pemuda yang cerdas, mengupgrade diri dengan pengetahuan dan kemampuan. KNPI hadir menjadi penyelesai masalah bukan menjadi pencipta masalah,” katanya.

Sementara itu Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk menuturkan KNPI adalah organisasi yang sudah cukup matang. Menurut dia, secara historis KNPI lahir dari tokoh-tokoh pemuda yang mengedepankan kepentingan nasional dan terlepas dari sekat-sekat sentimen agama dan kelompok.

Syarfi yang pernah menjabat sebagai Wasekjen DPP KNPI era Cahyo Kumolo ini pun berpesan, agar pengurus KNPI Sibolga dapat cepat mengkonsolidasikan diri dan segera menyusun berbagai program kegiatan. Konsolidasi dan program tersebut, menurut dia penting dilakukan untuk menunjukkan eksistensi KNPI kepada masyarakat.

Baca Juga!  Rumah Bantuan Nelayan Kampung Lubuk Damar Akan Segera Dilaporkan Ke Pihak Penegak Hukum

“Tapi apakah ada eksistensi kepemudaan ini di masyarakat, jangan cuma hadir di Musda KNPI, tapi setelah itu tak kelihatan lagi, stempel entah dimana, sekretariat entah dimana. Saya berharap KNPI mengkonsolidasikan ini agar berkembang. Lakukan program dan kejar ketertinggalan yang sudah terjadi,” pesan Syarfi penuh kritik.

Sementara itu soal hiruk pikuk kontestasi politik yang kini sedang berlangsung di Sumatera Utara, Syarfi juga berpesan agar masing-masing anggota dan pengurus KNPI dapat menyikapinya secara bijak. Menurut dia, perbedaan pilihan adalah hak yang tak boleh dipaksakan.

“Termasuk soal keberagamaan dan keyakinan. Jangan gara-gara berbeda pilihan, KNPI jadi pecah,” ucap Syarfi. (Job Purba/Red)

Loading...