Kodam XII/Tpr Siapkan Atlet Ikuti Kejurnas Orienteering Panglima TNI IV 2018  

0
286
Atlet-atlet Kodam XII/Tanjungpura terus mempersiapkan diri melaksanakan latihan terpusat di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XII/Tanjungpura, Kota Singkawang, untuk dapat meraih juara di Kejurnas Orienteering Pnglima TNI IV 2018.(foto/hms/ist)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Pontianak (Kalbar)

Dalam rangka mengikuti Kejuaraan Nasional Orienteering Panglima TNI IV Tahun 2018 yang akan digelar di Kota Malang, Jawa Timur tanggal 7 hingga 9 Desember 2018 mendatang, atlet-atlet Kodam XII/Tanjungpura terus mempersiapkan diri melaksanakan latihan terpusat di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XII/Tanjungpura, Kota Singkawang, untuk dapat meraih juara.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos saat ditemui di Media Center Kodam XII/Tpr, mengatakan, Orienteering merupakan olah raga alam yang menguji kemampuan navigasi, kecepatan, dan ketepatan seorang Orienter (sebutan untuk atlet Orienteering) untuk menemukan titik-titik atau objek tertentu dengan menggunakan peta dan juga kompas.

“Awal mulanya olahraga orienteering ini diciptakan untuk kepentingan militer, yaitu melatih kemampuan navigasi darat. Tujuannya adalah untuk bisa melewati atau melintasi tempat-tempat yang belum pernah diketahui sama sekali,” terang Kapendam XII/Tpr.

Dikatakan juga oleh Kapendam XII/Tpr, latihan terpusat yang dilaksanakan Kodam XII/Tpr saat ini merupakan sarana untuk penyiapan atlet dengan memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan pada atlet orienteering Kodam XII/Tpr, juga agar atlet mempunyai kondisi fisik yang prima dan menguasai ilmu medan. Sehingga atlet Kodam XII/Tpr, betul-betul siap untuk mengikuti Kejurnas Orienteering Panglima TNI IV Tahun 2018.

“Selain itu, untuk mempermahir dalam menggunakan peta dan kompas, sehingga atlet dapat menuju dan mencapai target yang ditentukan dalam waktu sesingkat mungkin,” ujar Kapendam XII/Tpr.

Kapendam XII/Tpr, menjelaskan saat ini Kodam XII/Tpr menyiapkan sebanyak 10 atletnya untuk mengikuti lomba orienteering yang digelar oleh Mabes TNI.

Dan dipilihnya daerah latihan di Kota Singkawang dikarenakan daerah tersebut, sesuai dengan medan yang sebenarnya, saat digelarnya Kejurnas Orienteering Piala Panglima TNI tahun 2018 mendatang, terangnya. (Rls/Bayu)

 

Editor : Maris