Beranda Pendidikan Komunitas Anak Tao Jangkau Pedesaan di Tepian Danau Toba

Komunitas Anak Tao Jangkau Pedesaan di Tepian Danau Toba

73
0
Komunitas Anak Tao bersama anak-anak Desa Hasinggan, Kecamatan Sianjur Mula-mula usai edukasi, Sabtu (12/1/2019) Petang. Tribun Medan/Arjuna Bakkara
Loading...

Buktipers.com – Samosir

Terpanggil dan peduli pendidikan di pedesaan, Komunitas Anak Tao berbagi ke sebuah desa tersembunyi di tepian Danau Toba.

Berlokasi di Desa Hasinggaan, Kecamatan Sianjurmula-mula, Kabupaten Samosir mereka berbaur dengan anak-anak usia dini setingkat Sekolah Dasar (SD).

Berangkat dari Pelabuhan Sitanggang Bau, Kecamatan Pangururan mereka mengarungi Danau Toba. Menaiki kapal kayu KM Taringotan membutuhkan waktu dengan jarak tempuh satu jam.

Terpantau, minimnya infrastruktur jalan desa memaksa warga setiap bepergian bila harus keluar atau pulang ke Desa Hasinggan saru-sartunya menaiki perahu kayu. Desa tersebut berpenduduk 257 Kepala Keluarga.

Setibanya di Desa Hasinggahan, Komunitas Anak Tao bertegur sapa dengan warga Desa. Kegiatan mereka pun dilanjutkan dengan kegiatan yang berkaitan pendidikan untuk memacu semangat anak-anak di tepian Danau tersebut.

Baca Juga!  Tim XIV Kabupaten Simalungun Mengunjungi Masjid Al-Mulia

Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan mereka sampaikan. Anak-anak Desa Hasinggan menyambut antusias, ditandai dengan keseriusan merek mengikuti berbagai materi pelajaran yang dibalut games.

Komunitas Anak Tao memang baru berusia 2 bulan, dan berdiri pada 1 November 2018 di Samosir yang dinisisasi Febry Tua Siallagan. Komunitas Anak Tao merupakan kumpulan sarjana-sarjana pulang kampung untuk mengabdi di Tanah Leluhur sebagai wujud Tridarma Perguruan Tinggi.

Komunitas tersebur terdirindari enam orang yang beragam latar belakang, namun memiliki misi yang sama untuk kampung halamannya, Kawasan Danau Toba. Mereka terdiri dari Traveler, jurnalis, vloger, selebgram, youtuber dan videografer.

Sumber : tribunnews.com

Loading...