Kota Ini Miliki Warga Kembar Identik Terbanyak di Dunia

0
131
Festival kembar internasional digelar di Igbo Ora, Nigeria (Foto: AFP)
Dijual Rumah

Lagos, buktipers.com – Tahukah Anda kota di dunia dengan angka kelahiran anak kembar terbanyak di dunia? Jawabannya bukan di negara Barat atau Asia, tapi Afrika.

Kota Igbo Ora di Nigeria tercatat sebagai daerah dengan angka kelahiran anak kembar terbanyak di dunia. Memang sulit untuk mendapatkan data statistik kependudukan dari otoritas setempat, namun penelitian dokter ahli kandungan asal Inggris Patrick Nylander menyebutkan, pada periode 1972 sampai 1982, rata-rata kelahiran anak kembar di kota itu 45-50 per 1.000 kelahiran.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kelahiran kembar di Amerika Serikat, berdasarkan data Pusat Statistik Kesehatan Nasional, yakni 33 dari setiap 1.000 kelahiran.

Untuk merayakan gelar sebagai ‘ibu kota’ kembar dunia yang diproklamirkan sendiri, warga Igbo Ora menyelenggarakan festival tahunan. Festival yang sudah digelar dua kali ini menarik ratusan pasangan kembar dari seluruh Nigeria.

Mengenakan pakaian dan kostum tradisional, para kembar baik laki-laki maupun perempuan, tua-muda, bahkan bayi yang baru lahir, ikut serta meramaikan. Mereka bernyanyi dan menari dalam pesta yang digelar pada akhir pekan lalu.

“Kami merasa senang dan terhormat hari ini. Dengan acara ini, seluruh dunia akan lebih menghargai pentingnya Ibeji (anak kembar) sebagai anak istimewa dan hadiah dari Tuhan,” kata Kehinde Durowoju, pria kembar berusia 40 tahun, sambil memeluk saudara kembar identiknya, Taiwo, dikutip dari AFP, Rabu (16/10/2019).’

Igbo Ora merupakan kota berjarak sekitar 100 kilometer sebelah utara Lagos, di mana hampir setiap keluarga memiliki beberapa anak kembar.

Pemimpin adat Jimoh Olajide Titiloye mengatakan, melahirkan anak kembar sudah terjadi sejak lama.

“Saya kembar, istri saya kembar, dan anak saya pun kembar. Hampir tidak ada keluarga di kota ini yang setidaknya memiliki sepasang kembar,” kata Titiloye.

Dia mengatakan festival yang digelar pada Sabtu bertujuan untuk mempromosikan Igbo Ora sebagai tujuan wisata kembar utama di dunia dan berbagai upaya sedang dilakukan untuk mendapatkan pengakuan dari Guinness Book of Records.

Penguasa suku Yoruba, Oba Lamidi Adeyemi, mengatakan, kelahiran anak kembar biasanya menandai kedamaian, kemajuan, kemakmuran, dan keberuntungan bagi orangtua mereka. Oleh karena itu, para orangtua selalu merawat anak-anak kembar mereka dengan sangat baik.

 

Sumber : iNews.id