KPK Eksekusi Bupati Labuhanbatu ke Lapas Tanjung Gusta Medan

0
286
Bupati Labihanbatu nonaktif Pangonal Harahap dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, Kamis (18/4/2019) malam. (Foto: istimewa).
Dijual Rumah

Buktipers.com – Jakarta

Jaksa eksekusi pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi terpidana korupsi yang juga Bupati Labuhanbatu (nonaktif) Pangonal Harahap ke Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Eksekusi dilakukan seiring vonis yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

”Bupati Labuhanbatu dieksekusi ke Lapas Tanjung Gusta, Medan pada hari Kamis 18 April 2019 pukul 18.30 WIB,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Minggu (21/4/2019).

Dia menjelaskan, Pangonal akan menjalankan masa hukumannya di lapas tersebut sesuai putusan pengadilan tindak pidana korupsi pada Pengadilan Negeri Medan.

Pangonal dihukum penjara 7 tahun dan denda Rp200 juta subsider 2 bulan penjara atas kasus dugaan suap, Kamis (14/4/2019).

Dalam sidang di Pengadilan Tipikor Medan, politikus PDI Perjuangan itu juga diwajibkan membayar uang pengganti Rp42,28 miliar dan 218 dolar Singapura. Jika uang pengganti tidak dibayar dalam sebulan dan harta bendanya tidak mencukupi, maka diganti dengan kurungan badan selama setahun.

Tidak hanya itu, hak politiknya juga dicabut selama tiga tahun. Vonis tersebut kini telah berkekuatan tetap. Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yang meminta hakim menjatuhkan vonis 8 tahun penjara.

Pangonal ditangkap KPK dalam OTT di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/7/2018) malam. Penangkapan terkait dugaan korupsi dan suap pada proyek pengadaan di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Sumber : iNews.id