Kronologi Kapal Terbakar di Pulau Berhala, Berawal saat Menuju Zona Penangkapan Ikan

0
1
Kondisi kapal terbakar saat mencari ikan di sekitar perairan Pulau Berhala, Serdangbedagai. (Foto: iNews/Yudha Bahar)
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Kapal pencari ikan terbakar perairan Pulau Berhala, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, Selasa (3/8/2021).

Saat kejadian, kapal tersebut sedang dalam perjalanan dari Pelabuhan Perikanan Belawan menuju Fishing Ground atau zona penangkapan ikan di sekitar Pulau Berhala.

Kepala SAR Toto Mulyono mengatakan, kecelakaan laut ini dialami Kapal Motor (KM) United berkapasitas 60 GT yang membawa 10 anak buah kapal (ABK). Hasil pencarian, 7 orang ditemukan selamat, 2 hilang dan seorang meninggal dunia.

Menurutnya, kronologi kapal terbakar ini diketahui setelah Kapal Tanto kargo) melintas dari Perairan Pulau Berhala menuju Belawan. Mereka melihat KM United terbakar dan mencoba memadamkan api. Di lokasi yang sama juga melintas KM United 2 yang turut membantu memadamkan api.

Namun besarnya kobaran api membakar seluruh bagian kapal sehingga usaha yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Akibat KM United karam di lokasi tersebut.

“Informasi pertama sekali kami terima dari petugas siaga VTS Belawan sehingga malam itu juga saya langsung memerintahkan kepala Seksi Operasi Basarnas Medan untuk memimpin pergerakan personel rescue. Kemudian SAR Medan menuju Belawan dan bergabung bersama personel kapal KN SAR Sanjaya ke lokasi,” ujarnya, Rabu (4/8/2021).

Identitas korban selamat yakni bernama Ilham (51), Abdul Khoir Lase (28), , Putra (23), Syahrial (25), Erikson Sitompul (45) dan Idris Gunawan Harahap (32) yang semuanya warga Belawan. Kemudikan Hotma Pasolian (32) warga Namoukur, Langkat,

Sementara itu korban tewas bernama M Ali Simanjuntak dan korban hilang Jhon (nakhoda kapal) dan Simatupang (ABK).

 

Sumber : iNews.id