Kursi Lontar Tidak Sengaja Aktif, Tiga Pilot Pembom Rusia Tewas Terlempar

0
2
Tiga pilot pesawat pembom Rusia tewas ketika kursi lontar mereka secara tidak sengaja diaktifkan selama pemeriksaan pra-penerbangan, Selasa (23/3/2021) waktu setempat. (Foto: Associated press).
Dijual Rumah

Moskow, buktipers.com – Tiga pilot pesawat pembom Rusia tewas. Ketiganya tewas setelah kursi lontar mereka secara tidak sengaja diaktifkan selama pemeriksaan pra-penerbangan, Selasa (23/3/2021) waktu setempat.

Pilot pembom jarak jauh Tu-22M3 itu sedang mempersiapkan misi pelatihan ketika kursi pelontar secara tidak sengaja aktif kemudian menembakkan mereka keluar pesawat.

Ketinggian saat mereka jatuh tidak cukup untuk membuka parasut, sehingga tiga dari empat awak tewas dengan luka parah.

“Insiden itu terjadi di pangkalan udara di wilayah Kaluga, sekitar 145 kilometer barat daya Ibu Kota Moskow,” ujar Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip Associated Press, Rabu (24/3/2021).

Sementara anggota awak keempat selamat dari insiden itu dan dilarikan ke rumah sakit.

Media Rusia melaporkan, di antara para korban yang tewas salah satunya termasuk Kolonel Vadim Beloslyudtsev, komandan unit pembom yang ditempatkan di pangkalan udara Rusia, Shaikovka, dekat Kaluga.

Investigasi resmi atas insiden tersebut telah diluncurkan. Diketahui, aktivasi sistem penyelamatan yang tidak disengaja sangat jarang terjadi, dan beberapa ahli berspekulasi bahwa hal itu mungkin disebabkan oleh kerusakan listrik atau kesalahan tak disengaja.

Pesawat Tu-22M3 sendiri merupakan perangkat pembom jarak jauh bermesin ganda supersonik, yang mampu membawa senjata nuklir.

Sekitar 60 pesawat itu aktif digunakan angkatan udara Rusia, dengan beberapa di antaranya telah meluncurkan misi pemboman untuk menyerang militan di Suriah.

 

Sumber : iNews.id