Beranda Siantar Lagi – lagi Truk PT Aquafarm Nusantara Dihadang, Ini 4 Poin Tuntutan...

Lagi – lagi Truk PT Aquafarm Nusantara Dihadang, Ini 4 Poin Tuntutan Pemuda Ajibata

269
0
Perwakilan PT Aquafarm Nusantara saat memberikan keterangan. (Foto/Stg)
Loading...

Buktipers.com – Tobasa (Sumut)

Puluhan Pemuda Ajibata (Naposo Bulung Ajibata,red)  berbaur dengan warga lainnya, menghadang truk PT Aquafarm Nusantara, di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Truk tangki pengangkut ikan nila milik PT Aguafarm Nusantara itu, dilarang melintas di jalan Ajibata.

Dalam tuntutannya, para pemuda itu meminta bertemu dengan pihak perusahaan  untuk menyampaikan 4 tuntutan masyarakat Ajibata, Kamis (9/5/2019).

Entah apa yang salah terhadap perusahaan raksasa yang ada di Danau Toba ini. Karena beberapa bulan yang lalu, hal yang sama juga terjadi dan kali ini terjadi lagi di Kecamatan Ajibata.

Pantauan buktipers.com, sekitar pukul 13.15 Wib, puluhan pemuda beramai-ramai berdiri, di badan jalan Ajibata menghadang truk tangki milik perusahaan, sembari memegang pengeras suara, menyerukan agar PT Aquafarm Nusantara berlaku adil dan harus transparan dalam setiap pembukaan lowongan kerja.  Terlebih memberi kesempatan bagi pemuda setempat.

Baca Juga!  Buron KPK di Kasus DPRD Sumut Serahkan Diri

Situasi sempat ricuh. Terjadi adu mulut dan nyaris adu jotos antar salah seorang pemuda setempat yang diduga sebagai pendukung perusahaan PT Aquafarm Nusantara.

Situasi kembali reda, setelah pihak Kepolisian setempat datang ke TKP, guna meredam situasi dan pihak perusahaan, akhirnya bersedia bertemu dengan massa yang sudah mulai emosi.

Salah seorang pemuda Ajibata, Irwandi Sirait, sambil memegang toa mengatakan, bahwa aksi damai ini spontan dan ini dipicu karena PT  Aquafarm Nusantara tidak transparan kepada warga sekitar terkait penerimaan tenaga kerja dan diduga nepotisme. Sehingga pemuda setempat mencegat truk tangki pembawa ikan, tegasnya.

Perwakilan PT Aquafarm Nusantara saat menemui Pemuda Ajibata. (Foto/Stg)

Setidaknya ada empat poin permohonan masyarakat, yakni meminta maaf kepada warga karena diduga dilecehkan perusahaan melalui Dian (HRD CSR) yang mengatakan “SayaTau Karakter Orang Batak” dan kepada sayalah kau sebut begitu,”ujar Irwandi Sirait.

Baca Juga!  Usai Habisi Anak Istri, James Samosir Akhiri Hidupnya

Lalu tuntutan berikut, transparansi dalam hal lowongan pekerjaan kepada warga sekitar, memperbaiki jalan Ajibata yang rusak yang diduga akibat alat transportasi perusahaan yang selalu air bertumpahan dari truk tangki milik PT Aquafarm Nusantara, dan harus terbuka memberi informasi kepada warga, jelas Irwan.

“Kita meminta agar perusahaan memperhatikan tuntutan pemuda dan warga sekitar  dan kami berikan kesempatan dalam jangka waktu dua minggu, setelah aksi ini, “kata perwakilan massa, K Sinaga, dalam membacakan tuntutannya.

Sementara 5 staff perwakilan perusahaan PT AN melalui karyawan baru yang disebut sebagai Konsultan External mengatakan, pihaknya sudah mencatat 4 permintaan warga dan akan disampaikan ke pimpinan perusahaan untuk dibahas lebih lanjut.

Baca Juga!  Belut Raksasa Hebohkan Warga Taput, Panjangnya Hampir 2 Meter, Ditemukan dari Sungai Situmandi

“Mudah-mudahan ada hasil secepatnya dari perusahaan, kami  sudah minta maaf kepada warga yang merasa dilecehkan dan menampung aspirasi warga sebagai notulen rapat prioritas di perusahaan, mudah-mudahan cepat direalisasikan,”ujar Sinaga.

Baca Juga : Penghadangan Truk Ikan PT Aquafarm Nusantara Nyaris Bentrok, Pemuda Ajibata Sampaikan Rasa Kecewanya

Akhirnya, setelah kedua belah pihak bertemu dan saling menjelaskan, massa membubarkan diri, setelah adanya pertemuan dan persetujuan dengan pihak perusahaan.

Situasi aman dan kondusif, serta aktifitas pengangkutan ikan PT Aquafarm Nusantara kembali normal.

Namun saat wartawan hendak melakukan wawancara kepada salah satu pihak PT  Aquafarm Nusantara, sebut saja namanya Dian, sambil berlari meninggalkan wartawan dan langsung naik ke sebuah mobil jenis Piuk, dengan alasan buru-buru menuju arah Parapat tanpa penjelasan apapun.

(Stg)

Loading...