Lampu Jalan Tidak Berfungsi, Ini Kata Kadis Perkim Labuhanbatu

0
64
Plt Kadis Perkim, H. M. Ihsan Harahap ST, saat ditemui wartawan.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Bila malam tiba, kegelapan akan menyelimuti sebagian besar titik-titik keramaian, di Labubanbatu, khususnya Kota Rantauprapat.

Hal ini disebabkan Penerangan Jalan Umum ( PJU) kebanyakan atau mayoritas, sudah tidak berfungsi atau mati.

Dalam hal ini, tentu warga Labuhanbatu sangatlah dirugikan. Mengingat setiap bulannya, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sebesar 10% dari pemakaian listrik, dibebankan kepada masyarakat, ketika melakukan pembayaran rekening listrik.

Namun fasilitas PJU yang didapatkan masyarakat, tidak sesuai. Bahkan, masih jauh dari harapan masyarakat. Masalah PJU di Labuhanbatu ini, sudah berlangsung lama  dan tidak ada tindakan masif yang dilakukan dinas terkait.

Menjawab persoalan ini, Plt Kadis Perkim, H. M. Ihsan Harahap ST, belum bisa memberikan penjelasan secara mendalam.

Alasannya, dia masih baru menjabat dan Dinas Perkim, belum bisa melakukan tindakan karena situasi kondisi sekarang ini.

“Saya masih baru masih dua bulan menjabat disini (Plt Kadis Perkim), masih mempelajari dulu, kan bukan hanya PJU yang ditangani Perkim. Itupun kedepan, akan kita benahi secara perlahan,”ucapnya.

Lanjut Ihsan “Selaku atasan, saya belum bisa menugaskan staf untuk melakukan survey harga ke Medan atau ke Jakarta karena covid ini. Semua komponen yang kita butuhkan ada di sana, tidak ada di Rantauprapat,”ujarnya kepada awak media, Jumat (26/6/2020), lalu.

Dananya sudah ada tersedia, tapi kan belum bisa dibelanjakan, kita lihat kedepan dengan status new normal sekarang ini. Apakah sudah bisa kita melakukan penugasan kepada staf kita keluar kota. Kita pelajari, ujar  mantan Kadiskominfo Labuhanbatu ini.

Sementara, pencapaian PPJ dalam LKPJ Tahun Anggaran (TA) 2019 yang dilaporkan Bupati Labuhanbatu, di hadapan DPRD saat rapat paripurna, beberapa hari yang lalu menjelaskan, bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) PPJ, merupakan yang terbesar dari PAD.

 

(Syafii Harahap)