Lanal Dabo Singkep Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran  

0
282
Pelaksanaan kegiatan Lanal DBS digedung pertemuan Desa Penuba Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.(foto/zul)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Lingga (Kepri)

Pangkalan TNI-AL (Lanal) Dabo Singkep bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Laut Provinsi Kepri dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga melaksanakan sosialisasi kepada nelayan dan masyarakat tentang ‘Keselamatan Pelayaran’ bertempat di Gedung pertemuan Desa Penuba Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga, Senin (10/12/2018).

Sodialissi ini sebagai wujud kepedulian Lanal DBS yang wilayah kerjanya meliputi seluruh Kabupaten Lingga, berupa kepulauan sehingga banyak aktifitas yang dikerjakan di dan lewat laut.

Para pengguna laut tradisional banyak yang belum memahami tentang pentingnya keselamatan berlayar. Sebagai salah satu implementasi tugas pokok Lanal DBS dalam Pembinaan Potensi Maritim melalui Komunikasi Sosial. Oleh karena itu TNI-AL melalui Lanal DBS mengadakan Komunikasi Sosial kepada nelayan dan masyarakat pengguna laut.

Tujuan dari pelaksanaan Sosialisasi, untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat pengguna laut akan pentingnya keselamatan pelayaran, serta pentingnya kelengkapan dokumen kapal agar para pengguna laut merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan pelayaran.

Sosialisasi oleh Komandan Lanal DBS bekerjasama dengan narasumber dari Dinas perhubungan Laut Provinsi Kepri dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga. Selain sosialisasi keselamatan pelayaran tersebu, Lanal DBS juga melakukan peluncuran dan pembagian sticker Hotline Lanal DBS serta Pembagian life jacket kepada 50 nelayan Penuba dan sekitarnya.

Harapan dari terselenggaranya acara sosialisasi ini diharapkan dapat  menimbulkan kesadaran dan pemahaman masyarakat pengguna laut di wilayah kerja Lanal DBS tentang pentingnya keselamatan berlayar. Terlaksananya acara ini merupakan salah satu tugas pokok Lanal DBS dalam pembinaan potensi maritim.

Sosialisasi ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Doa. Kemudian sambutan dari Komandan Lanal DBS Letko Laut (P) Arif Rahman ST.MTr.Hanla.

Acara pokok sosialisasi tentang Keselamatan Pelayaran bagi Pengguna Laut yang disampaikan narasumber yaitu Bapak Basri Yasin dari Dinas Perhubungan Laut Provinsi Kepri dan Bapak Ilyas Dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga.

Adapun materi yang disampaikan antara lain, tentang standart pengawasan keselamatan pelayaran kapal nelayan, mencakup surat ukur untuk GT 7 ke atas, Pas Kecil untuk ukuran GT1 sampai dengan 6, Pas Besar ukuran GT 7 s.d 175, Gross Akte Kapal, Sertifikat dan lainnya.

Sementara persyaratan peralatan keselamatan yang harus tersedia di kapal yaitu baju penolong (Life Jacket), ban penolong (Lifebuoy), Kompas,  Apar (alat pemadam), senter dan Cermin, radio komunikasi, lampu Navigasi,  GPS dan pompa jinjing. Setelah acara pokok selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan Life Jacket kepada nelayan dan ditutup dengan foto bersama.

Acara ini dihadiri oleh Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Arif Rahman ST.MTr.Hanla, Camat Selayar yang diwakili Kasipam Bapak Mahadan, Pasintel Lanal DBS Kapten Rambo Pinem, Kepala Desa Penuba Bapak Safri, Babinsa Selayar Serma Beni, Kasatpolairud Polres Lingga AKP Norman DG, Bapak Basri Yasin dari Kantor Unit Pelayaran Tanjung Pinang, Bapak Haris mewakili  Sahbandar penuba, KSOP pelabuhan Dabo Singkep Bapak Dedi, Ketua Jalasenastri Cabang 7 Korcav IV DJA I beserta Pengurus, serta lebih kurang 80 masyarakat pengguna laut se-Kecamatan Selayar. (Penlanal DBS/Zul).

 

Editor : Maris