Lancarkan Aksi, Pembobol ATM di Lampung Selatan Sewa Ruko di Samping Minimarket

0
1
Salah satu pelaku pembobolan ATM di minimarket Lampung Selatan (Heri Fulistiawan/MNC Portal)
Dijual Rumah

Lampung Selatan, buktipers.com – Tiga pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Lampung Selatan ternyata sudah mempersiapkan aksi perampokan.

Untuk memperlancar aksi, para pelaku sengaja menyewa ruko di samping minimarket. Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin mengatakan, tiga pelaku yakni Jojon (51), Dendras (17) dan Supri (30). Ketiganya membobol ATM yang berada di minimarket Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan.

“Pelaku menggasak Rp500 juta dari ATM dan rokok senilai Rp163 juta,” kata Edwin, Rabu (16/3/2022). Edwin menjelaskan, dalam melakukan aksinya, para pelaku sudah mengatur rencana selama dua pekan.

“Pembobolan ini sudah direncanakan dua pekan, mereka menyewa ruko sebelahnya dan kemudian menjebolnya dengan bor,” kata Edwin. Selama dua pekan itu, kata Edwin, para pelaku mempelajari situasi dan kondisi wilayah itu.

“Semua sudah diperhitungkan oleh pelaku,” katanya. Dari hasil pemeriksaan, pelaku beraksi pada pukul 01.00 WIB hingga 05.00 WIB dengan cara menjebol tembok mini market itu. Pada saat penjebolan, ada warga yang mendengar, namun pelaku berdalih jika sedang persiapan membuka konter ponsel.

“Mereka mengaku ke warga bahwa suara bising itu dari persiapan membuka konter ponsel,” katanya.

Usai masuk ke dalam mini market, pelaku menjebol brangkas di mesin ATM dengan alat las.

“Namun, upaya pelaku bongkar mesin ATM itu ternyata membuat sejumlah uang di mesin ATM terbakar,” katanya.

Tak mau rugi, pelaku kemudian menggasak rokok senilai Rp163 juta. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 dengan ancaman hukuman diatas tujuh tahun penjara.

 

Sumber : iNews.id