Beranda Siantar Langganan Longsor, Jembatan Sidua-dua Belum juga Mendapat Perhatian Serius

Langganan Longsor, Jembatan Sidua-dua Belum juga Mendapat Perhatian Serius

72
0
Kondi jembatan Sidua-dua Parapat yang tak kunjung mendapat perbaikan yang serius meski langganan longsor. (Foto/Stg)
Loading...

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

Hampir satu tahun jembatan Sidua-dua dihantam banjir bandang dan nyaris memakan korban jiwa, serta kerap menyebabkan pengendara terlambat sampai tujuan, dikarenakan lumpur yang silih berganti datang menimpah jembatan tersebut.

Namun tampaknya perbaikan jembatan kembar Sidua-dua Parapat-Sibaganding ,Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara itu, tak kunjung ditangani dengan serius.

Dari hasil pantauan buktipers.com, Rabu (22/5/2019), di lapangan, penanganan pembangunan jembatan yang berbatasan dengan Nagori Sibaganding ini tampaknya lambat dan belum ada tanda-tanda keseriusan pihak terkait untuk membenahi jembatan tersebut.

Di lokasi, pihak terkait tampaknya hanya membuat tembok penahan di sekitar sisi jembatan kembar tersebut dan hanya ditambal – tambal.

Baca Juga!  Longsor Tambang Emas Rakyat di Bogor: 20 Orang Tertimbun, 5 Tewas

Patar Luhut Silalahi, salah seorang warga Sibaganding mengatakan”longsoran tanah perbukitan Bagun Dolok yang menyebabkan kerusakan pada sisi pengaman jembatan dan kondisi ketahanan konstruksi bangunan jembatan, juga belum diketahui dengan jelas, apakah masih kokoh dan layak pakai, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan badan jembatan tersebut, padahal kejadian sudah 6 bulan berlalu,”ungkapnya.

Ditegaskannya, bahwa jembatan Siduadua merupakan penyambung badan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Parapat, sebagai akses vital dalam memperlancar arus lalulintas antar kabupaten, maupun provinsi yang dilintasi berbagai jenis kendaraan, sehingga patut dibangun secepatnya.

Ditambahkannya, pemerintah sudah sepantasnya cepat tanggap untuk menangani bencana alam yang merusak jembatan Sidua-dua, karena merupakan akses darat menuju berbagai objek wisata di Danau Toba.

Baca Juga!  8 Rumah Warga di Padangsidimpuan Tertimpa Longsor

“Janganlah saat jembatan ini dihantam lumpur, semua pejabat turun dan kerap berselfie ria di sana, dan hasilnya sampai saat ini masih nihil alias nol. Karena sejak Desember 2018 tahun lalu, sampai saat ini, hingga jelang lebaran 2019, semuanya hanya omong doang dan mereka yang berselfie ria di sana tak ada lagi tindak lanjutnya,”ujar Patar.

(Stg)

Loading...