Beranda Lintas Provinsi Langgar Perdanya Sendiri, Walikota Malang Tunjuk Direktur RPH dari Staf Kecamatan

Langgar Perdanya Sendiri, Walikota Malang Tunjuk Direktur RPH dari Staf Kecamatan

8907
0
Surat Elfiatur Roikhah (Staf Kecamatan Blimbing) sebagai Direktur RPH kota Malang.
Dijual Rumah

Malang, buktipers.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) yang menaungi Rumah Pemotongan Hewan (RPH) kota Malang, kembali menjadi sorotan masyarakat, Selasa (12/11/2019).

Setelah terakhir, RPH tersebut dipimpin oleh Plt Kepala Dispenda, Ade Irawanto, kali ini secara mengejutkan dan tanpa diketahui publik, telah berganti pada salah satu staff Kecamatan Blimbing, dengan jabatan Kasubag Perencanaan Kecamatan, bernama Elfiatur Roikhah.

Selain pergantian yang terkesan memang segaja tidak dipublikasi oleh Walikota Malang, Sutiaji, kebijakannya tersebut juga mengundang berbagai macam tanda tanya.

Khususnya tentang aturan dan mekanismenya. Selain itu, proses ini diduga juga melanggar Perda kota Malang No.4 tahun 2014 tentang perubahan atas Peraturan Daerah kota Malang No.17 tahun 2012 tentang Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan.

Baca Juga!  Dituduh Bikin Berita Bohong, Wartawan Malang Tuntut Wali Kota Minta Maaf

Pasal 1 ayat 1 yang berbunyi, “Direktur diangkat dan diberhentikan oleh Walikota atas usulan badan pengawas, setelah mendengar pertimbangan DPRD untuk masa jabatan 4 (empat) tahun dan dapat diangkat kembali setelah masa jabatan tersebut berakhir”.

Dari kasus ini, awak media mencoba mengkonfirmasi beberapa pihak.

Menurut ketua Komisi D DPRD kota Malang, H.Ahmad Wanedi, “kami tidak pernah diajak ngomong terkait penunjukan Direktur PD RPH. Mestinya, kalau yang bersangkutan masih berstatus ASN, maka harusnya mengundurkan diri. Hal ini tertuang di PP 54 tahun 2017. Karena semestinya, PD itu dipimpin oleh orang profesional dibidangnya, serta melalui proses uji kelayakan dan kepatutan. Kalau melihat Perda No.4 tahun 2017, pasal 1, jelas memang, Wali Kota melanggar aturan yang dibuatnya sendiri tentang RPH,”tegasnya.

Baca Juga!  Pasca Insiden Polsek Bendahara, Kapolda Aceh Sampaikan Permohonan Maaf

Sementara menurut Camat Blimbing, Drs Muarib M.Si yang dikonfirmasi terkait kebenaran status kepegawaian dan mekanisme perekrutan stafnya, dia mengatakan, “pindah ke Kecamatan Blimbing sudah menjadi pengawas, prosesnya kurang tahu dan memang saat ini yang bersangkutan, masih aktif sebagai Kasubag Perencanaan. Untuk keberadaannya, saat ini, dia sedang cuti umrah sampai hari Jumat,”pungkasnya.

(Hermin/Red)

Loading...