Lantik APDESI, Bupati Sergai Singgung Dana Desa

0
226
Bupati Sergai, Soekirman saat foto bersama pengurus APDESI Kabupaten Sergai, periode 2018-2023, di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati, di Sei Rampah, Rabu (16/1/2019).(Foto/ML.hrp/Rls)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Sergai (Sumut)

Ketua DPD APDESI Sumut, Suparman, lantik pengurus APDESI Kabupaten Sergai, periode 2018-2023, di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati, di Sei Rampah, Rabu (16/1/2019).

Turut hadir, Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman, Wakil Bupati, H. Darma Wijaya, Ketua DPRD Sergai, H. Syahlan Siregar,ST, Dandim 0204/DS, Letkol. Kav Syamsul Arifin SE MTr (Han), Kapolres Tebingtinggi, AKBP Sunadi,  Kapolres Sergai, AKBP Juliarman Eka Pasaribu, SH SIK MH, Sekdakab Sergai, Drs. H. Hadi Winarno, MM, mewakili Kajari Sergai, Staf Ahli Bupati dan para Asisten, Kepala OPD, Camat serta Kades se-Kabupaten Sergai.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai, Ir H Soekirman, berharap dengan hadirnya Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) ini, dapat mewujudkan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

Dan para Kades harus mensinkronisasikan visi dan misinya di Sergai, katanya.

Lanjutnya, APDESI sebagai tempat berbincang untuk para Kades, dalam memecahkan permasalahan dan saling memberi informasi untuk memajukan desa masing-masing dengan meningkatkan persatuan dan kesatuan para Kades dan bekerjalah seauai dengan Undang-undang yang berlaku.

Terkait dengan penggunaan dana desa, harus sesuai dengan peraturan yang ada, agar tidak terjerat hukum dan dana desa digunakan untuk  membangun desa, agar lebih baik serta tepat sasaran, katanya.

Bupati menambahkan, bahwa di era digital, para Kades harus dapat mengikuti kemajuan teknologi yang berkembang pesat, sehingga tidak tertinggal dan dengan teknologi dapat mengembangkan potensi yang ada di 237 desa yang ada di Kabupaten Sergai.

Ketua Panitia, Sulaimansyah, melaporkan, kegiatan pelantikan APDESI ini bertujuan untuk membentuk suatu wadah pemersatu antar Kepala Desa untuk membahas dan memajukan desa yang dipimpin masing-masing Kepala Desa.

Sementara itu, Ketua APDESI Sergai, Muhammad Yunus, menyampaikan, APDESI beranggotakan seluruh Kepala Desa dan aparatur desa. Dalam hal ini, desa mempunya 3 (tiga) pilar, yaitu, Babinsa, Babinkantibmas dan Kepala Desa.

Dari susunan kepengurusan APDESI, diantaranya sebagai Pembina, Bupati Sergai, Ir H Soekirman dan Wabup, H Darma Wijaya. Dewan Pakar, diantaranya, Romian Parulian Siagian, S.STP. Dewan Pengurus DPC, Ketua Muhammad Yunus, Sekretaris Munajat, dan Bendahara Sulaimansyah. (ML.hrp/Rls)