Beranda Hukum Laporan Pemotongan Dana PAUD Berbuntut Panjang

Laporan Pemotongan Dana PAUD Berbuntut Panjang

234
0
IMG-20180403-WA0064
Loading...

Buktipers.com – Pringsewu (Lampung)

Kejaksaan Negeri (Kejari) kabupaten Pringsewu memastikan tetap akan menindak lanjuti ‎atas laporan pemotongan dana Pandidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pemkab Pringsewu.‎

“Ya,‎ yang laporan dari Ananto tetap kita lanjutkan, ‎Walaupun pak Roland nggak ada sudah pindah. Sekarang ini kan masih ada Kasi Pidus yang baru,”ungkap Kepala Kejari Pringsewu, Asep Sontani Sunarya kepada jurnalist buktipers.com seusai menghadiri Rapat Paripurna HUT Pringsewu ke 9 di Gedung DPRD Pringsewu, Senin (2/4/2018) kemarin.

Menurut Asep Sontani, bahwa ‎tindak lanjut laporannya saat ini masih pengumpulan bahan dan keterangan data.

“Setelah itu nanti akan kita pelajari dahulu. Apakah bisa dinaikan ke penyelidikan atau tidaknya,”kata dia.

Untuk diketahui seperti diberitakan sebelumnya, ‎Kejaksaan Negeri (Kejari) Pringsewu masih terus mengumpulkan bahan keterangan (pulbaket) atas laporan pemotongan dana Pandidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pemkab Pringsewu.

Kejaksaan Negri(Kajari) Pringsewu terus mengguyur kasus dugaan pemotongan dana PAUD oleh Oknum pengelola PAUD kabupaten Pringsewu Lampung.

Seperti yang telah disampaikan oleh kasi Pidsus kejaksaan negeri Pringsewu Rolando kepada awak media lewat telepon selulernya minggu (25/03/2018)

” Beberapa paud di berbagai kecamatan belum semua kita panggil hanya beberapa Paud saja,  sementara dari informasi yang sudah A1.”

Baca Juga!  Nekat Menjambret, Oknum Satpam Bank Nyaris Remuk Di Massa

“Akan kita panggil kalau perlu kita turun langsung ke Paud yang sudah siap memberikan kesaksian jelas”, ucapnya

Lanjutnya Kasus yang sudah dilaporkan ini kita sangat serius dan berhati hati, apalagi sebagai pelapor merupakan ASN yakni Ananto Pratikno mantan kabag umum pemkab pringsewu yang notabennya jelas.  Pihak kejaksaan tidak getar sedikitpun kalau memang cukup alat bukti akan kita gelandang seperti yang lainnya,” jelas roland.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pringsewu selalu konsisten dalam memproses penanganan berbagai jenis kasus, apalagi kasus korupsi karena sudah menjadi komitmen pemerintah khususnya aparat penegak hukum, kendati saya sudah di pindah tugaskan kasi intel dan kasi pidsus yang mengantikan saya tetap berlajut,” ucap Rolan.

Ditambahkan beberapa kasus dugaan tindak pidana korupsi telah ditangani  secara serius bahkan sudah dibuktikan sesuai koridor hukum yang berlaku, pihak kejaksaan bekerja dengan serius dan profesional dalam upaya mengungkap dan memproses setiap kasus maupun laporan yang masuk tanpa melihat status atau latar belakang calon tersangka yang akan diproses.

“Untuk menegakan supremasi hukum, kami bekerja secara profesional tanpa memandang bulu siapa calon tersangka,” tegasnya.

Baca Juga!  Pesta Rakyat 2018, Ini Pesan Wabup Tulang Bawang

Keseriusan pihak kejaksaan dalam mengungkap dan memproses berbagai tindak pidana kejahatan dapat dilihat dari keberhasilannya memproses berbagai kasus yang ditangani selama ini. Apalagi, kasus yang sudah dilaporkan ASN kabupaten pringsewu, “Kami serius dalam mendalami sekaligus menangani kasus Pemotongan dana Paud,” ucapnya.

Seperti pemberitaan sebelumnya Kejaksaan Negeri Pringsewu melalui Seksi Pidana Khusus membenarkan dan segera melakukan pulbuket dan puldata terkait laporan Mantan Kabag Umum Pemkab Pringsewu perihal dugaan pemotongan bantuan operasional penyelenggara (BOP) PAUD tahun 2017 bersumber dari DAK senilai Rp6,1 miliar.

Terkait hal ini, Rolando Ritonga saat di konfirmasi melalui telepon  juga membenarkan adanya laporan dari Ananto terkait dugaan pemotongan dana Paud oleh oknum pengelolanya, bahkan pihak kejaksaan siap  dan  akan mempelajari.

“Ya memang benar ada laporan dari saudara Ananto Pratikno kekejaksaan negeri Pringsewu,”katanya

Sebelumnya, Ananto Pratikno Mantan Kabag Umum Pemkab Pringsewu mendatangi kantor  Kejaksaan Negeri Pringsewu.  Kedatangan dia guna melaporkan dugaan pemotongan dana Paud, yang disinyalir dilakukan oleh Oknum pengelola Paud kabupaten Pringsewu ke kejaksaan Negeri Pringsewu, Selasa (20/02/2018), kemarin.

Mantan Kabag Umum Ananto Pratikno ketika di telpon wartawan terkait pelaporannya dikantor Kejari Pringsewu mengatakan benar adanya kalau  dirinya sudah melaporkan dugaan pemotongan dana Paud di kabupaten Pringsewu yang dilakukan oknum PAUD kabupaten dan laporanya di terima langsung oleh Kasi Pidsus Rolando Ritonga,” paparnya.

Baca Juga!  Biadab..!! Bermodalkan Rp. 20 Ribu, Pria Bau Tanah Setubuhi Bocah 8 Tahun

”Keberanian ini berdasar perintah atasan, segala bentuk Pungutan liar (PUNGLI) yang di ketahui harus di laporkan atau di tindak tegas dan ini Perintah  Bupati tuk dilaporkan segala bentuk pungli di kabupaten. Pringsewu, dan pelaporan ini juga untuk merehabilitasi nama Bunda paud Pringsewu,” jelas mantan kabag umum.

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat telah menyalurkan Dana DAK tahun 2017 sebesar Rp6,1 miliyar untuk Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP) kepada 223 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Pringsewu.

Penyerahan secara simbolis oleh Bupati Pringsewu diwakili Staf Ahli bidang Sumber Daya Manusia dan Keuangan Heri Iswahyudi kepada empat guru PAUD ?dari empat kecamatan, berlangsung di Aula STIE Muhammadiyah Pringsewu, Selasa (12/9/2017).

Pemberian bantuan itu berlagsung saat pelatihan pengembangan kurikulum bahan ajar dan model pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD). Untuk perolehan dana BOP setiap lembaga PAUD  itu bervariasi, sesuai jumlah siswanya (tim/red) 

Loading...