Lembaga Dompet Dhuafa Volunteer Sumut Kunjungi Desa Bagan Kuala

0
35
Kepala Desa Bagan Kuala, Safril dan Mahasiswa-mahasiswi saat foto bersama.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, kehadiran puluhan mahasiswa gabungan dari berbagai universitas yang ada di Sumatera Utara. Kehadiran puluhan mahasiswa tersebut dalam rangka kegiatan Voluntrip Round 3 bertemakan “Sehatkan Indonesia”.

Rahmad Nur Munthe, selaku ketua panitia mengatakan, mereka dari Lembaga Dompet Dhuafa Volunteer Sumatera Utara melakukan kegiatan Voluntrip Round 3, di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Ada sebanyak 50 orang Mahasiswa-mahasiswi hadir disini diantaranya 20 relawan laki-laki dan 30 relawan perempuan dari berbagai Universitas yang ada di Sumatera Utara seperti, UINSU, USU, UISU, Universitas Medan Area (UMA), UNA, UMN, UNIMED, UNPAB, dan UMSU.

Adapun tujuan Voluntrip, Sehatkan Indonesia ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab para anak muda yang tergabung dalam wadah kerelawanan dalam menebar energi positif kepada sesama.

Kegiatan Voluntrip Round 3 ini digelar sejak tanggal 14 – 16 Januari 2022 selama tiga hari dua malam.

“Adapun, program-program yang akan kita laksanakan di Desa Bagan Kuala ini seperti, Aksi Layanan Sehat (ALS), Vaksinasi Cek gula darah, Cek kolestro dan Asam Urat, Sekolah Ceria, Perpustakaan Mini dan Desa Cantik,” kata Rahmad Nur Munthe.

Para mahasiswa dan mahasiswi saat kerja bakti.

Dan, tujuan kami memilih Desa Bagan Kuala, karena Desa Bagan Kuala adalah desa yang strategis terletak di Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai.

Karena masyarakatnya yang ramah, dan antusias masyarakat begitu kompak bisa melakukan perubahan untuk desa tercinta yakni Desa Bagan Kuala.

“Voluntrip adalah gabungan 2 kata Volunteer dan Trip. Selain dari pada masyarakat Bagan Kuala yang antusias kami melakukan Voluntrip disini karena dekat dengan Wisata Pulau Berhala, yang mana tujuan Trip kami ke Pulau Berhala,” tutup Rahmad Nur Munthe.

Kepala Desa Bagan Kuala Safril di sela-sela kegiatan itu, Sabtu (15/1/2022) mengatakan, kehadiran puluhan mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Sumatera Utara ke Desa Bagan Kuala ini, kita bisa belajar dari Adik-adik mahasiswa tersebut. Dan salah satunya mengenai betapa pentingnya kebersihan, dan kita bekerjasama dengan Mahasiswa bagaimana agar masyarakat di Desa Bagan Kuala ini peduli dengan kebersihan lingkungan, katanya.

Dan atas kunjungan adik-adik Mahasiswa ke Desa Bagan Kuala ini, kita sangat terharu dan bangga. Walaupun Desa Bagan Kuala ini jauh di ujung pesisir pantai, namun mahasiswa khususnya Fakultas Sumatera Utara menyempatkan diri dapat berkunjung ke Desa Bagan Kuala, dan ini menjadi PR buat kami, katanya.

“Supaya kita menjadi lebih giat lagi menciptakan kepedulian kebersihan lingkungan, supaya masyarakat Bagan Kuala Cinta dengan kebersihan. Jadi, kehadiran adik-adik mahasiswa ke Desa Bagan Kuala ini, kami khususnya masyarakat Desa Bagan Kuala sangat berterimakasih, ini menjadi contoh kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” pungkas Safril.

 

(ML.hrp)