Lembu Warga di Sei Bambam Langkat Diterkam Harimau

0
1
Ilustrasi harimau sumatera. (Foto: Ilustrasi/ist)
Dijual Rumah

Langkat, buktipers.com – Seekor lembu peliharaan milik warga di Dusun Sei Bambam, Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang Langkat ditemukan mati diterkam harimau.

Lembu milik Remelan tersebut ditemukan di blok Hutan Cincin yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Sekoci Lepan, Langkat.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), Ruswanto saat dikonfirmasi membenarkan penemuan lembu tersebut.

Dia menyayangkan sejumlah warga masih nekat memelihara lembu di kawasan TNGL karena rawan terlibat konflik dengan harimau.

Dia menyebutkan lokasi temuan bangkai lembu berada di kawasan hutan yang dkelola Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK) yang sudah menjalin perjanjian kerjasama (PKS) dengan BBTNGL.

Hutan tersebut dijadikan lokasi penguatan fungsi kawasan dengan pola kemitraan konservasi pemulihan dan menyelesaikan permasalahan perambahan di dalam kawasan TNGL yang merupakan areal ketelanjuran untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan konservasi.

“Iya, waduh kok masih ada ya (masukkan lembu ke kawasan TNGL),” katanya.

Pascatemuan bangkai lembu tersebut, pihaknya sudah meminta jajaranya turun ke lokasi untuk memeriksa lokasi. Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan tindakan meracuni bangkai lembu.

“Ada juga ternak lembu warga yang dimangsa. Sesuai perjanjian kerjasama (PKS dengan KTHK) kita kan mengelola lahan itu tanpa berternak di situ. Harus rajin lah untuk memantau. Yang Sei Bamban dulu yang notabene dekat dengan pos pemantauan kita dulu, mereka masukkan ternak kita nggak tahu,” katanya.

Jika nantinya masih ditemukan adanya ternak lembu warga di dalam kawasan, pihaknya akan bersikap lebih tegas demi kebaikan bersama.

“Peringatan pertama kita minta keluarkan, kalau masih ngeyel kita cabut PKS-nya. Kita cabut atau amandemen lagi,” katanya.

Penampakan bangkai lembu yang diterkam harimau itu direkam video dan diunggah di akun Facebook pada Rabu pagi. Bangkai lembu itu lehernya masih  terikat tali, paha kirinya robek.

Video berdurasi 1 menit 24 detik itu, terdengar suara seorang laki-laki yang menjelaskan secara singkat perihal temuan lembu yang dimangsa harimau itu.

 

Sumber : iNews.id