Lestarikan Alam, Polsek Kalis dan Polsek Pengkadan Lakukan Penghijauan

0
114
Aksi penanaman pohon.
Dijual Rumah

Kapuas Hulu, buktipers.com – Anggota Polsek Kalis Polres Kapuas Hulu dan pihak Kecamatan, melaksanakan penanaman pohon guna penghijauan, Jumat  (10/1/2020), lalu, di  lingkungan Mapolsek Kalis.

Kegiatan ini dilaksanakan, menindaklanjuti perintah Kapolri, melalui Kapolda Kalbar dan atas instruksi dari Kapolres Kapuas Hulu untuk melakukan penanaman pohon dengan tema “Polri Peduli Penghijauan”.

Tampak dihadiri oleh Camat Kalis,  Supriadi S.AP, yang begitu kompak melaksanakan penanaman pohon tersebut.

“Penanaman pohon ini merupakan gerakan peduli lingkungan yang bertujuan untuk penghijauan bumi untuk masa depan,” kata Kapolsek Kalis, Ipda AA Harahap SH.

Dilanjutkannya, jumlah pohon yang ditanam ada 50 pohon yang terdiri dari 15 (lima belas) bibit Matoa dan 35 (tiga puluh lima) Bibit Gaharu, dimana tanaman tersebut sudah mulai langka.

Lanjutnya, penghijauan dapat mengurangi pencemaran¸ terutama pencemaran dikarenakan karbondioksida yang berasal dari kendaraan bermotor.

“Dengan banyaknya pohon besar dan tinggi, air hujan akan diserap oleh akar tumbuhan. Kemudian air hujan tersebut diubah menjadi air tanah yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk lainnya,”ujarnya lagi.

Di tempat terpisah, Polsek Pengkadan, Polres Kapuas Hulu, juga  melaksanakan kegiatan program penghijauan dengan menanam pohon, pada Jum’at (10/1/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolsek Pengkadan, Ipda Jaspian, Camat Pengkadan, Tabri, S.E. M.A.P, Babinsa Kecamatan Pengkadan, Sertu Sumadi, Kepala BPP Kecamatan Pengkadan, Sugiarto, KUA Kecamatan Pengkadan, Sofia, S.Ag, Pj. Kades Martadana, Kades Sirajaya, Kades Riam Panjang, Kades Pengkadan Hilir, Ketua Bhanyangkari Ranting Pengkadan beserta anggota, serta seluruh anggota Polsek Pengkadan.

Diungkapkan Kapolsek Pengkadan, Ipda Jaspian, bahwa Polri peduli lingkungan dan kegiatan ini adalah arahan dari pimpinan, agar melaksanakan menanamkan pohon.

“Insyallah, apabila kita peduli akan lingkungan, maka kita juga akan selamat dalam menjalankan tugas. Dan hari ini, kita akan mengadakan penanaman pohon, dimana bapak Camat Pengkadan dan Babinsa Pengkadan serta para Kades dan tamu undangan mengikuti kegiatan tersebut, di halaman Mapolsek Pengkadan,”ujarnya.

Mudah-mudahan ini akan menjadi kenangan, mungkin saya tidak lama bertugas disini, tetapi akan ada kenangan pohon yang kita tanam, seperti sekarang ini, di halaman Polsek Pengkadan, tutur Ipda Jaspian.

(Bayu)