Lestarikan Lingkungan, Wali Kota Tanjungbalai Lakukan Restocking Ikan dan Penanaman Pohon

0
166
Wali Kota Tanjungbalai melakukan penanaman pohon.
Dijual Rumah

Tanjungbalai, buktipers.com – Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH, MH, didampingi Ketua TP-PKK, Hj. Sri Silvisa Novita, melepas 10.000 ekor benih ikan nila, 6.000 benih ikan gurami, 9.870 ekor benih ikan patin dan 7.200 ekor benih ikan baung.

Acara yang dipusatkan di Jalan Sei Agul, Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Jumat (6/9/2019) sore.

Kegiatan restocking ikan  dan penanaman pohon ini, merupakan kerjasama Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perikanan Pemko Tanjungbalai, dalam rangka pelestarian lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Fitra Hadi Dalimunthe menjelaskan, kegiatan restocking ikan dan penanaman pohon ini, dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan, serta memupuk jiwa kebersamaan.

Dalam hal restocking ikan, Pemkot Tanjungbalai, berharap meningkatnya populasi ikan di perairan umum, melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, meningkatkan produksi ikan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat/nelayan sekitar.

Sedangkan dalam hal penanaman pohon, bertujuan meningkatkan kepedulian dari berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemiliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi pemanasan global, meningkatkan ruang terbuka hijau serta menjadikan Kota Tanjungbalai menjadi kota penghijauan.

Pelaksanaan restocking ikan dilaksanakan diempat lokasi yakni penebaran 10.000 ekor benih ikan nila di Sei Pantai Burung, ikan gurami sebanyak 6.000 ekor di Sei Raja,  benih ikan patin sebanyak 9.780 ekor di Sei Bandar Jepang dan 7.200 ekor benih ikan baung, di Sei Asahan.

Sedangkan untuk penanaman pohon, jenisnya, yakni Ketapang, Mahoni, Kiara Payung, Lohan Jung dan bibit pohon ekor tupai, papar Kadis LH, Fitra Hadi Dalimunthe

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial dalam kesempatan tersebut  mengungkapkan, kegiatan ini untuk menyadarkan masyarakat agar keberadaan ikan yang hidup diperairan tersebut tetap lestari. Kegiatan restocking ikan tidak hanya melindungi ikan saja tetapi pemanfatan ikan berkelanjutan. Artinya ikan yang ditangkap untuk konsumsi adalah ikan yang sesuai ukurannya untuk dikonsumsi sedangkan benih ikan dan induk ikan yang terutama yang sedang bertelur yang tertangkap harus dikembalikan lagi ke perairan tersebut sehingga Ketersedian ikan tetap terjaga, ungkapnya

Dalam rangka penanaman pohon, adalah upaya kita dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terutama dari pemanasan global.

Harapannya, marilah kita bersama sama menghijaukan kota kita ini dengan dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita sendiri, misalnya menanam pohon dipekarangan rumah serta menjaga populasi pohon yang ada disekitar agar lingkungan tetap asri dan bermanfaat serta menjaga kebersihan dan kelestarian alam sebagai sumber kehidupan dan penghidupan untuk diwariskan ke anak cucu kita nantinya, ungkap Wali Kota.

Acara diakhiri dengan pelepasan benih ikan oleh Wali Kota, H.M Syahrial didampingi Ketua TP-PKK, Hj. Sri Silvisa Novita Muhammad Syahrial, bersama Forkopimda Tanjungbalai, serta penanaman bibit pohon.

(MJH)