Lomba Kuliner Tradisional Gunakan Bahan Alam, Datangkan Expert dari Jepang  

0
315
Lomba kuliner berbahan makanan dari alam, bertujuan untuk mempertahankan kearifan lokal bidang makanan tradisionil. Lomba kuliner ini digelar pada Festival Danau Sentarum.(foto/bayu)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Kapuas Hulu (Kalbar)

Ada banyak cara untuk mempertahankan kearifan lokal. Seperti halnya untuk citarasa berbagai makanan tradisional, salah satunya dengan mengadakan lomba kuliner berbahan dari alam.

Seperti yang digelar pada Festival Danau Sentarum kali ini, penyelenggara menggelar lomba dan eksibisi masakan tradisional.

Peserta lomba datang dari Kecamatan Batang Lupar, Puring Kencana dan Hulu Gurung. Ada berbagai tema menu yang disajikan dalam perlombaan.

Tema Nasi Kepal Lemak Tengkawang, Untuk Ibu Menyusui, Makanan Nugal, Toman Dibuasin serta Tempoyak.

Tak hanya peserta saja yang menyajikan menu, namun expert atau ahli dari negeri matahari (Jepang) juga turut menyajikan olahan makanan ala Chef dari Jepang.

Juri perlombaan merupakan expert yang berasal dari Jepang, Jakarta dan Surabaya. Sajian yang dihidangkan peserta terdiri dari minuman, kue, makanan inti seperti sayur, lauk, sambal, hingga dessert.

Berbagai makanan disajikan secara unik, seperti nasi yang disajikan dalam kantong semar, nasi yang dikepal, bersama dengan kuning telur rebus, ayam kampung dimasak dalam bambu.

Tak hanya sajian yang unik, bahan makanan yg diolah pun tak kalah unik. Ada olahan ulat tawon, air rebusan gaharu, sate ulat sagu, pepes bakar kodok, dan berbagai menu yang disajikan diolah dari bahan yang tersedia bebas di alam.

“Harapan kami dengan adanya perlombaan ini, kuliner tradisional dapat menjadi kebanggaan serta daya tarik wisatawan” kata Ketua Panitia Perlombaan, Valentinus Heri kepada wartawan, Minggu  (28/10/2018).

Lomba kuliner tradisional diselenggarakan oleh Yayasan Riak Bumi, digelar di Balai Adat Kecamatan Batang Lupar.

Juara 1 diraih oleh kelompok 3 Kubu Kran Kecamatan Batang Lupar, juara 2 Kelompok 5 dari Desa Kantuk, Kecamatan Puring Kencana dan juara 3 diperoleh kelompok 1 dari Nanga Iyen, Kecamatan Hulu Gurung.(Bayu)

 

Editor : Maris