Beranda Parawisata Majukan Kebudayaan dan Pariwisata, Disparbud Simalungun Gelar Workshop

Majukan Kebudayaan dan Pariwisata, Disparbud Simalungun Gelar Workshop

469
0
Moment foto bersama usai workshop yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Simalungun dan foto para narasumber saat acara berlangsung.

Simalungun, buktipers.com – Dalam rangka memajukan kebudayaan masyarakat Kabupaten Simalungun dan mendukung  pariwisata Danau Toba yang super proritas, pihak Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Simalungun, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), menggelar workshop.

Dalam acara itu, menghadirkan tokoh adat, akademisi, aktivis parawisata bidang budaya, di Atsari Hotel Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut,  Rabu (4/12/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Simalungun, Resman Saragih, melalui Sekdis, Anson Napitupulu, menyampaikan, bahwa tujuan workshop ini sebagai wadah berdiskusi dan berinteraksi dengan para tokoh masyarakat, adat, dan penggiat seni budaya Simalungun untuk saling menjual gagasan, khususnya dalam  melestarikan kebudayaan Simalungun, sehingga dapat dikembangkan untuk kemajuan pariwisata Danau Toba.

Baca Juga!  Cetak Pemandu Wisata Ramah dan Handal, Disparbud Simalungun Gelar Pelatihan Pengelolaan Warisan Budaya

Dikatakannya, hasil workshop ini akan dirangkum, sehingga menjadi bahan acuan dalam menyusun pokok pikiran kebudayaan, serta akan dijadikan sebagai landasan memajukan seluruh kebudayaan di Simalungun.

“Workshop ini sebagai wadah untuk menampung рокок-pokok pikiran terkait kebudayaan Simalungun. Selain itu, upaya melestarikan budaya lokal, dan juga untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan arus globalisasi terhadap perkembangan budaya lokal ke depan karena kehadiran budaya asing yang akan berwisata di Danau Toba, berbeda dengan kearifan lokal di Simalungun,” katanya.

Anson berharap, 70 peserta pengiat budaya Simalugun mampu menjadi motor untuk menjaga warisan budaya leluhur Simalungun dan para pelaku wisata, serta masyarakat mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Baca Juga!  Disparbud Simalungun Adakan Pagelaran Budaya Bertajuk ‘Multi Etnis’ di Pantai Bebas Parapat

“Ini salah satu upaya program Pemerintah Simalungun agar seluruh stakeholder kebudayaan untuk mendapatkan gambaran dan pokok pikiran kebudayaan daerah untuk dijadikan sebagai rumusan yang komprehensif serta landasan dalam memajukan kebudayaan daerah,” katanya.

Kegiatan tersebut, tampak dipandu moderator dari Disparbud Simalungun, Zulpanuddin Dalimunthe, Soveny Girsang, bersama M Coden Purba, sebagai pembawa acara, sehingga menghidupkan acara tersebut.

Apalagi, workshop tersebut dirangkai dengan diskusi kelompok, sharing, tanya-jawab dan saling berinteraksi menjual gagasan dan mengevaluasi persoalan untuk menyelesaikan masalah di wilayah masing-masing.

Acara dihadiri narasumber, Ditjen Kebudayaan Staff Ahli Data dan Sitem Data Kebudayaan, Indra Eka Widya Jaya SHum, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Dra Misna Shaliha MHum, Akademisi Universitas Sumatera Utara,  Dr Fikarwin Z dan dari Dinas Pariwisata Simalungun.

Baca Juga!  Festival Tortor Batak Toba se Kawasan Danau Toba 2019, Ini Jadwalnya

(Stg)

Loading...