Manfaatkan Libur Lebaran, Masyarakat Ramai Kunjungi Benteng Huraba

0
135
Loading...

BuktiPers.Com – Tapsel (Sumut)

Benteng Huraba yang berada di Jalan Mandailing – Padangsidimpuan KM 19 Kelurahan Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel. Di saat liburan Hari Raya Idul Fitri 1439 H ini ramai di kunjungi masyarakat. Masyarakat yang berkunjung ke Benteng Huraba ini datang dari berbagai daerah Tabagsel ada juga dari daerah luar Tabagsel.

Hendri warga Kota Pinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan kepada wartawan mengatakan, Minggu (17/06/2018). Dia dan istrinya bersengaja membawa kedua anaknya berkunjung ketempat wisata sejarah ini. Dituturkannya, dia membawa anaknya berwisata sejarah ke Benteng Huraba ini untuk menanamkan nilai-nilai sejarah kepada kedua anaknya mulai usia dini. Kedatangan dia ke Benteng Huraba ini usai dia dan keluarga besarnya pulang dari pemandian Aek Sijornih.

Baca Juga!  Kapolres Sergei Hadiri Peringatan May Day 2018

“Saya bersama istri dan anak saya memang bersengaja datang berkunjung ke Benteng Huraba ini,” katanya.

“Dengan membawa kedua anak saya berwisata sejarah ke Benteng Huraba ini.Untuk menanamkan nilai-nilai sejarah kepada kedua anak saya mulai usia dini. Dengan berwisata kesini mereka juga akan tahu bagaimana para pejuang dalam merebut kemerdekaan serta mempertahankan kemerdekaan penuh pengorbanan,” tambahnya.

Dari pantauan,masyarakat yang berdatangan ke tempat wisata sejarah ini, ada yang membaca prasasti serta ada yang duduk santai menikmati angin berhembus usai melihat-lihat bukti sejarah ini. Tidak ketinggalan juga masyarakat yang berkunjung kesini mengabadikan momen mereka lewat handphone selulernya.

Benteng Huraba ini salah satu bukti sejarah di mana para Pahlawan melawan penjajah dalam rangka mempertahankan kemerdekan Republik Indonesia.Di mana lokasi Benteng Huraba ini pas di tepi jalan. Untuk sampai ke Benteng Huraba ini harus menaiki anak tangga untuk tiba di atas.

Baca Juga!  DPD Pekat- IB Asahan Siap Dampingi Nelayan Tradisional Untuk Dapatkan Keadilan Penegakan Hukum

Ketika kita tiba naik di atas akan menemukan dua buah meriam di mana kedua buah meriam ini di gunakan para pejuang untuk melawan penjajah Belanda. Nama kedua meriam ini Meriam Simanis dan Meriam Lucsim.Di lokasi Benteng Huraba ini pas di tengah kita juga akan menemukan salah satu bangunan mirip castel. Dibangunan tersebut kita akan mendapatkan tulisan prasasti.

Tertulis di prasasti dalam pertempuran mempertahankan Benteng Huraba ini di bawah Pimpinan Komisaris Polisi Maskadiran pada tanggal 5 Mei 1949, 27 pejuang rela berkorban nyawa gugur sebagai melati kesuma bangsa.
Angkatan Darat 16 orang.Dan dari Polri 11 orang. Tertulis juga monumen Benteng Huraba ini diresmikan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral Polisi DR.Awaloedin Djamin.MPA pada tanggal 21 November 1981. (Idham Halid.Siregar/Red)

Loading...