Beranda Hukum Mantapkan Persiapan Pemilu 2019, Panwaslu Girsip Koordinasi dengan Polsek Parapat dan Airud

Mantapkan Persiapan Pemilu 2019, Panwaslu Girsip Koordinasi dengan Polsek Parapat dan Airud

127
0
Suasana rapat koordinasi di kantor Panwaslu Kecamatan Girsang Sipangan Bolon yang dihadiri Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno SSos, Komandan Airud, Ipda Alpons Pasaribu, Pangulu Sipangan Bolon, Sahan Sinaga dan jajaran Panwascam, Panwaslu Nagori dan kelurahan, bersama Staff Panwascam. (Foto/Stg)
Loading...

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

Perhelatan pesta demokrasi (Pemilu serentak 2019), tinggal 34 hari lagi. Hal itu memacu pihak Panwaslu Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kabupaten Simalungun, lebih intens melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait, diantaranya, Polsek Parapat, Airud Danau Toba, dan Pangulu (Kades).

Dan kali ini, pihak Panwaslu tersebut membahas soal zona rawan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pertemuan tersebut, dilaksanakan di kantor Panwaslu Girsip, Jalan SM Raja No 269 Parapat, yang dihadiri Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno, didampingi jajarannya, Pangulu Sipangan Bolon, Sahan Sinaga, Pangulu Sibaganding, Martno Bakkara, diwakili Gamot Sibaganding dan Ipda A Pasaribu, Komandan Airud Danau Toba.

Dan tampak, jajaran Panwaslu, yaitu Jesron Sihotang (ketua), didampingi dua komisioner lainnya, Lenny Rajagukguk, dan Runggu Samosir, serta para Panwas Nagori (Desa) dan Kelurahan, bersama para staff Panwaslu Girsip.

Baca Juga!  Peredaran Obat Tramadol di Wilkum Polsek Cigombong Resahkan Warga

Dalam rapat itu, ketua Panwaslu Kecamatan Girsip, Jesron Sihotang, menyampaikan, bahwa zona rawan TPS yang mereka maskudkan, yaitu terkait pendistribusian logistik Pemilu nantinya ke TPS yang jauh, pemekaran TPS baru dan dengan KPPS yang baru-baru. Apalagi menuju TPS yang melintasi Danau Toba, kata Jesron.

Dia berharap agar pihak Airud Danau Toba, bekerjasama dengan Panwascam untuk memantau ke TPS Panahatan Sibaganding, dengan menggunakan Speedboad Airud.

“Rawan TPS lainnya, yaitu terkait money politik di areal TPS dan atau mobilisasi massa melalui jemputan yang bakal dilakukan oleh para kompetitor/kandidat calon legislatif yang dimungkinkan memobilisasi massa dengan kenderaan/angkot tertentu. Dan hal itu akan diantispasi sejak dini, terlebih jelang hari H dan pada hari H. Supaya Panwas nagori dan kelurahan yang mengawasi dari luar TPS, dapat memonitor semua peregerakan yang berpotensi menimbulkan kerawanan,”paparnya.

Baca Juga!  NasDem Kuasai Kursi DPRD Tapteng, Berikut Nama – nama yang Diprediksi Duduk
Foto bersama usai rapat koordinasi. (Foto/Stg)

Selain itu, dikarenakan ada beberapa putra daerah yang turut serta sebagai Caleg dari Kecamatan Girsip yang tergabung dalam Daerah Pemilihan (Dapil-6), memperebutkan 10 kursi tergabung dalam kecamatan lainnya, seperti kecamatan Sidamanik, Pamatang Sidamanik, Dolok Panribuan, Jorlang Hataran, Dolok Panribuan, Panei dan Panombean Panei, maka pengawasan harus intens. Supaya tidak terjadi gesek, gosok dan gasak (3 G) diantara satu sama lain. Maka sejak dini juga diadakan berbagai trik pengawasan yang lebih mengarah kepada pencegahan dalam berbagai hal, ungkapnya.

Menurutnya, hingga kini belum ditemukan kampanye atau sosialisasi yang fatal dan masih berjalan pada koridor yang ada. Kecuali pemasangan sebahagian Alat Peraga Kampanye (APK) yang mulai sembrawut di luar zona dan digantungkan di pohon-pohon.

Dimana situasi itu dianggap merusak estetika, dan dalam waktu dekat, Panwaslu Girsip akan kembali menertibkannya lagi, tegasnya.

Baca Juga!  Viral di Medsos !!! Oknum Caleg PDIP Bagikan Alat Perontok Padi, Ini Kata Bawaslu Ketapang

Untuk itu diharapkan bantuan Polsek Parapat dalam hal pengamaan disaat penurunan APK. Dan termasuk Satpol PP yang melakukan penertiban dalam waktu dekat, katanya berharap.

Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno, mengatakan, jika salah satu TPS dianggap rawan, maka pihaknya akan plot anggota satu per TPS dan selebihnya barangkali akan diupayakan 2-4 personel untuk beberapa TPS yang berdekatan, supaya bisa saling berkoordinasi, baik dengan Panwas TPS dan Linmas yang bakal membantu tugas PAM di TPS.

Hal senada juga disampaikan Pol Airud Danau Toba, Ipda Alponso Pasaribu. Pihaknya bersedia membantu tugas pengawasan lintas Danau Toba, terlebih ke zona TPS 3, di Panahatan. Supaya Pemilu kita dapat berjalan dengan kondusif, kami siap membantu, katanya.

(Stg)

 

 

Loading...