Maraden Sinaga Minta Kementerian PUPR Perbaiki Jalinsum Pematangsiantar – Parapat yang Memprihatinkan

0
871
Kondisi jalan yang rusak, di Nagori Sibaganding, tempatnya di Panatapan.
Dijual Rumah

Simalungun, buktipers.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Simalungun, Maraden Sinaga, meminta Kementerian PUPR, agar memperbaiki Jalinsum Pematangsiantar-Parapat, tepatnya mulai dari Nogori Sibaganding, hingga memasuki kota wisata Parapat, yang kondisinya berlobang dan bergelombang.

Hal itu disampaikannya, kepada buktipers.com, ketika melewati jalan tersebut, Minggu (27/10/2019), lalu.

Kata Maraden Sinaga, akibat kondisi jalan yang memprihatinkan, membuat para pengendara tidak nyaman saat melintasi jalan itu.

Jalan tersebut merupakan akses utama menuju kawasan wisata, seharusnya perbaikan di Jalinsum dilakukan secara menyeluruh, ujarnya.

“Diperparah lagi, kalau berjalan di malam hari, lampu jalan belum juga kelihatan di sepanjang Jalinsum tersebut. Padahal, warga dan wisatawan yang ingin berwisata ke kawasan Danau Toba, tentu sangat membutuhkan penerangan lampu jalan umum, apalagi saat berjalan di malam hari,”ucapnya.

Ditegaskan putra asli Kecamatan Girsang Sipangan Bolon ini, bahwa perbaikan Jalinsum tersebut, merupakan tugas pokok dan tanggung jawab pemerintah pusat, karena perbaikannya menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Meski demikian, dia juga akan menyampaikan keluhan masyarakat tersebut kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Simalungun, agar segera dilakukan perbaikan, sehingga tidak mengancam keselamatan para pengendara.

Hal yang sama juga disampaikan Jondi Karo-Karo, salah satu pengedara roda dua asal Tebingtinggi yang kebetulan baru datang berlibur di kota wisata Parapat.

Dia juga meminta pemerintah agar memperhatikan para pengguna jalan. Khususnya bagi kami yang mengendarai kendaraan roda dua, katanya.

“Karena seperti kami ini, yang paling riskan menjadi korban. Maka tidak salah, jika kami berharap perbaikan segera dilakukan,”pintanya.

Sementara itu, Anwar, rekanan Kementerian PUPR  PT Bumi Karsa, dalam pengerjaan Jalinsum Parapat saat dikonfirmasi melalui seluler, mengatakan, pihaknya akan segera meninjau lokasi jalan yang berlubang dan bergelombang itu, agar segera diperbaiki.

(Stg)