Masuki Area Zona I A, Sampan Tojok Di Bakar Nelayan Tradisional Desa Silo Baru

0
587
Dijual Rumah

BuktiPers.com – Asahan (Sumut)

Kembali terjadi keributan antar nelayan tradisional Desa Silo Baru dengan nelayan Tojok dari Tanjung Balai di perairan Desa Silo Baru, Asahan, Sumut, Sabtu (13/10/2018) sekira pukul 13.00 Wib.

Informasi yang diperoleh BuktiPers.con keributan tersebut berawal saat nelayan Tojok mencari kerang di area Zona I A yang diperuntukkan kepada Nelayan tradisional Desa Silo Baru. Akibat keributan tersebut 1 unit sampan Tojok milik nelayan dari Tanjung Balai dibakar Ke lompok nelayan tradisionil Desa silo baru.

“Sekira pukil 13.00 wib, nelayan tradisionil Desa Silo Baru melihat nelayan Tojok dari Tanjung Balai memasuki Zona 1 A mengambil kerang dengan alat Tojok di area Zona 1A tersebut. Mengetahui bahwa Zona 1 A tersebut diperuntukkan untuk nelayan tradisionil, Kapal nelayan Tojok melakukan pengepungan dan membakar 1 unit sampan milik nelayan Tojok Tanjung Balai. Akibat aksi pembakaran tersebut pemilik sampan Tojok atas nama LEGITO dirugikan Rp. 30 juta rupiah” ujar Kabag Ops Polres Asahan Kompol Marluddin saat berbincang dengan BuktiPers.com.

Lebih lanjut Kabag Ops menambahkan saat menerima informasi tersebut personil Polsek Air Joman langsung berkoordinasi dengan Kasat Pol Air Tanjung Balai, KNSI Tanjung Balai, Camat Silo Laut, Kepala Desa Silo Baru, Pemilik sampan Tojok dan Pihak perikanan Kodya Tanjung Balai.

“Setelah kita melakukan koordinasi dengan pihak terkait kita memberikan pengarahan kepada pemilik kapal Tojok jika merasa keberatan agar membuat pengaduan di Pos Pol Airud dan mengarahkan untuk tidak melalukan main hakim sendiri atau balas dendam atas kejadian tersebut dan pihak Polres Asahan siap membantu Satpol Air untuk melakukan upaya penegakan hukum terhadap kasus pembakaran yang dilakukan penduduk Desa Silo Baru, Kecamatan Silo Laut, Kecamatan Air Joman, Asahan dan barang bukti sampan yang terbakar telah diamankan di Pos Pol Airud Tanjung Balai” papar Kompol Marluddin. (BP-02)