Masyarakat Minta Dinas PU Perbaiki Jalan Rusak Sebelum Lebaran

0
208
Kondisi jalan menuju Kabupaten Kayong Utara tamapak rusak. (foto/my)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Kayong Utara (Kalbar)

Masyarakat mengeluhkan banyaknya jalan rusak, seperti dari arah Siduk, perbatasan Kabupaten Ketapang hingga Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara.

Padahal, tak lama lagi terjadi lonjakan arus mudik Idul Fitri, sehingga sangat diharapkan jalan tersebut bisa diperbaiki secepatnya.

Harapan itu disampaikan Anto (40), warga Sukadana, kepada buktipers.com, Selasa (14/5/2019) siang.

“Jelang lebaran, tentu akan ramai arus mudik, terutama mereka yang menggunakan angkutan air kapal motor klotok dari pelabuhan Teluk Batang, menuju Sukadana atau Kabupaten Ketapang,”ungkapnya.

Ditambahkannya, para pemudik itu biasanya tiba di Pelabuhan Teluk Batang, pada dini hari. Jalanan yang berlubang serta minimnya penerangan lampu jalan, sangat membahayakan para pemudik saat melintas.

Dirinya juga menyampaikan, hampir setiap tahun, persoalan ini selalu terjadi di Kabupaten Kayong Utara. Perlu ada perhatian yang lebih dari Pemerintah, khususnya Dinas Pekerjaan Umum (PU), agar secepatnya memperbaiki jalan rusak tersebut, tandasnya.

Sementara itu, Rahadi, selaku Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Kayong Utara, mengatakan, bahwa ruas jalan dari arah Siduk hingga Teluk Batang, bukan menjadi kewenangan dari Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Kayong Utara untuk merawatnya.

Kondisi jalan di Kabupaten Kayong Utara tamapak rusak. (foto/my)

Perawatan dan perbaikan ruas jalan tersebut, menjadi tanggung jawab Dinas PU Provinsi, melalui Unit Perawatan Jalan dan Jembatan (UPJJ) yang membawahi Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, jelasnya.

Dan dari informasi yang diterimanya, memang akan ada pembangunan peningkatan jalan, dari mulai Simpang Saut, Sukadana sampai ke arah Tugu Durian, beritahunya.

“Tapi pastinya kapan, saya belum tau secara detail. Sedangkan untuk perbaikan atau perawatan, mungkin sebelum lebaran sudah bisa terselesaikan,”terang Rahadi, di ruang kerjanya.

Sementara Plt Kepala UPJJ wilayah Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara, Antonius Boby mengatakan, memang saat ini sedang mengerjakan pemeliharaan  dan juga sedang melakukan proses perbaikan jalan-jalan yang rusak dari mulai ruas Jalan Siduk hingga Sukadana.

“Termasuk juga perbaikan untuk sebuah di jembatan, di Sungai Belit, Sukadana. Kami juga sudah mulai mengerjakan perawatan dan perbaikan terhadap lubang-lubang di jalanan,”kata Boby.

Dirinya optimis, sebelum lebaran, jalan sudah selesai dikerjakan. Terutama menambal terlebih dahulu jalan yang berlubang, dari mulai Siduk hingga Teluk Batang, katanya.

Boby juga memberikan informasi, bahwa ruas jalan dari Siduk hingga Teluk Batang itu sendiri, pada tahun ini sudah dianggarkan untuk pembangunan peningkatan jalannya.

(my)