Mau Sanggah Hasil Seleksi PPPK Guru 2021? Begini Ketentuannya

0
2
Foto: Adhar Muttaqin
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Hasil seleksi ASN PPPK Guru 2021 sudah diumumkan Jumat 8 Oktober 2021. Peserta dapat melihat hasilnya di gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1/ mulai pukul 12.00 WIB.

Pada seleksi tahap pertama ini, ada 173.329 guru honorer yang lulus, dari 322.665 formasi ASN PPPK Guru yang mendapatkan pelamar. Pada siaran langsung virtual Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Guru ASN PPPK Tahap 1 pada Jumat, (08/10/2021) Nadiem menyebutkan bahwa di tahap pertama ini fokus seleksinya adalah untuk guru-guru negeri di sekolah atau di daerahnya sendiri. Sehingga, nanti akan dimaksimalkan pada tahap kedua dan ketiga.

Pasca pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2021, selanjutnya akan ada masa sanggah oleh peserta. “Setelah pengumuman itu, para peserta boleh melakukan sanggah terhadap hasil, jika mereka merasa bahwa nilai-nilainya tidak sesuai dengan yang mereka dapatkan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana.

Masa sanggah ini berlangsung selama tiga hari dan panitia akan menjawabnya dalam tujuh hari setelah masa sanggah.

“Kalau tidak ada masalah, kemudian (BKN) akan menetapkan nomor induk PPPK bagi mereka yang sudah dinyatakan lulus tahap pertama,” tambah Bima.

Sebagai informasi selengkapnya, simak ketentuan masa sanggah serta tahapannya hingga penetapan nomor induk PPPK.

Ketentuan Masa Sanggah PPPK Guru 2021

  1. Peserta bisa mengajukan sanggahan selama 3 hari dan panitia seleksi akan menjawab sanggahan 7 hari setelah masa sanggah.
  2. Pengolahan nilai pasca sanggah akan diolah kembali menurut jawaban sanggah dari panitia penyelenggara, untuk kemudian disetujui Ketua Panselnas dan hasil akhir seleksi kompetensi tahap pertama diumumkan ulang.
  3. Ketua Panselnas menyampaikan hasil akhir seleksi kompetensi tahap pertama kepada PPK instansi daerah untuk diusulkan penetapan nomor induk PPPK.
  4. Peserta yang lulus dapat diusulkan dan ditetapkan nomor induk PPPK-nya.

Tahapan Masa Sanggah Peserta PPPK Guru 2021

  1. Sanggah peserta
  2. Jawab sanggah
  3. Pengolahan nilai pasca sanggah
  4. Pengumuman hasil akhir seleksi kompetensi I
  5. Pengusulan penetapan nomor induk PPPK
  6. Penetapan nomor induk PPPK

Bima menyatakan bahwa hasil output dari BKN baik itu pengumuman ataupun penetapan pertimbangan teknis nomor induk PPPK, akan menggunakan tanda tangan elektronik. “Jadi tidak ada lagi tanda tangan basah,” tegasnya.

“Kami berharap agar peserta tidak percaya kepada calo-calo yang saat ini banyak sekali bergentayangan yang menjanjikan kelulusan. Karena tidak mungkin. Kami sudah melakukannya secara elektronik,” ucap dia.

Bima meminta agar para peserta PPPK Guru 2021 tidak percaya dengan para calo yang menggunakan nama Menpan-RB Tjahjo Kumolo serta namanya dalam surat keputusan palsu.

 

Sumber : detik.com