Melawan Saat Diamankan, 2 Pelaku Jambret Ditembak Polres Asahan

0
2
Foto kedua pelaku curat dan barang bukti yang diamankan Polres Asahan.
Dijual Rumah

Asahan, buktipers.com – Ari Ablia Lubis alias Ayi (23), warga Jalan Ikan Tawes, Kelurahan Sidomukti, Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan (residivis) dan rekannya seperjuangan Dikki Hanafi alias Diki (20), warga Jalan Ikan Mas Lingkungan II, Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara terpaksa ditangkap Satreskrim Polres Asahan – Polda Sumatera Utara karena diduga terlibat dalam kasus pencurian dengan pemberatan.

Kedua pelaku spesialis jambret tersebut, diringkus petugas setelah melakukan aksi penjambretan terhadap seorang ibu rumah tangga, pada hari Minggu, 07 November 2021 lalu, sekitar pukul 13.00 WIB, di jalan Diponegoro, Kelurahan Kisaran Baru, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan. Dimana Eli Nurinsyah (42) pelapor yang saat itu sedang berjalan menuju toko yang berada di jalan Diponegoro Kisaran.

Namun secara tiba – tiba dari arah belakang, datang seseorang yang tidak dikenal mengendarai Sepeda Motor Honda vario warna hitam dengan Nopol yang tidak diketahui menghampiri pelapor dari arah sebelah kiri pelapor dan langsung merampas tas milik korban yang berisikan 1 (satu) unit Hp VIVO Y30 i warna dazzle blue, uang tunai sebesar Rp. 700.000,- ( tujuh ratus ribu rupiah ) serta surat surat penting berupa KTP dan kartu vaksin, akibat dari kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian materi sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah) dan membuat laporan ke Polres Asahan.

Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K, MH saat dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim Polres Asahan, AKP Rahmadani SH, MH, pada Jumat (12/11/2021) pagi, menjelaskan, bahwa penangkapan tersebut berdasarkan laporan dari korban an Eli Nurinsyah dengan nomor laporan Nomor: LP / B / 918 / XI / 2021 / SPKT / POLRES ASAHAN / POLDA SUMATERA UTARA, tanggal 07 November 2021. Berdasarkan laporan tersebut Satreskrim Polres Asahan melakukan penyelidikan.

“Berdasarkan laporan tersebut di atas, unit jatanras melakukan penyelidikan serta mengambil rekaman CCTV yang berada di TKP. Selanjutnya pada hari Kamis, tanggal 11 November 2021 sekitar pukul 15.00 WIB, unit jatanras mendapatkan informasi yang layak dipercaya bahwa ada seorang laki laki alamat Sidomukti, Kota kisaran hendak menjual HP VIVO Y30 i sesuai dengan ciri – ciri HP milik korban,”tutur Kasat Reskrim .

Masih kata Kasat, selanjutnya pukul 16.00 WIB, unit jatanras berhasil mengamankan Ari Ablia als AYI, di jalan Ikan Sibaro, namun pada saat akan dilakukan penangkapan, AYI melakukan perlawanan yang dapat membahayakan petugas dan akhirnya dilakukan tindakan tegas dan terukur.

Selanjutnya unit jatanras membawa AYI ke RS umum kota Kisaran.

AYI mengakui, bahwa perbuatan tersebut dilakukan bersama dengan temannya, Diki, warga Sidomukti Kota Kisaran.

“Setelah mengamankan AYI, pukul 17.00 WIB, unit jatanras berhasil mengamankan Diki di tempat persembunyiannya di Jalan Ikan Mas Sidomukti Kota Kisaran. Namun sama halnya dengan AYI, Diki juga melakukan perlawanan yang dapat membahayakan petugas sehingga diambil tindakan tegas dan terukur. Selanjutnya DIKI dibawa ke RS umum Kota Kisaran. Dan setelah dilakukan perawatan, AYI dan DIKI serta barang bukti berupa 1 (satu) unit HP VIVO Y30 i dan 1 (satu) unit sepeda motor Honda vario dibawa ke Polres Asahan untuk selanjutnya dilakukan proses penyidikan di Unit Jatanras Sat Reskrim Polres Asahan,”pungkas Kasat Reskrim Polres Asahan.

 

(ML.hrp)