Mengintip Harta Kombes Bhirawa, Perwira Polri Adik Kandung Panglima TNI

0
2
Foto: Kombes Bhirawa Braja Paksa (dok.pribadi)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Sosok Kombes Bhirawa Braja Paksa mencuri perhatian publik. Perwira Polri yang saat ini merupakan adik kandung dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Saat ini Bhirawa memangku jabatan tinggi di Polda Metro Jaya dia adalah Kabid Propam Polda Metro Jaya. Meski kakaknya menjadi petinggi militer, Bhirawa lebih memilih berkarir di Kepolisian RI.

Sederet jabatan tinggi sudah pernah diemban oleh Bhirawa, mulai dari menjadi Dirlantas Polda Riau hingga menjabat sebagai Kapolres Tulungagung. Kini Bhirawa merapat di Polda Metro Jaya.

Sebagai seorang Kombes, Bhirawa memiliki harta yang cukup banyak. Dikutip dari laporan LHKPN terakhir yang disetor Bhirawa, Jumat (19/11/2021), dia memiliki total harta sebanyak Rp 6,75 miliar.

Kombes Bhirawa terakhir menyetorkan LHKPN di tahun 2019 saat dia menjabat sebagai Dirlantas Polda Riau. Bila dirinci hampir semua harta miliknya berbentuk aset tanah dan bangunan, totalnya mencapai Rp 6.750.000.000.

Aset tanah dan bangunan miliknya ada satu di Jambi, satu Surabaya, dan dua di Palangkaraya. Keempat aset ini dimiliki atas hasil sendiri oleh Bhirawa.

Selain tanah dan bangunan, hanya ada satu aset lagi yang dilaporkan oleh Bhirawa yaitu sepeda motor merek Honda seharga Rp 7.000.000.

Kombes Bhirawa tercatat tidak memiliki harta bergerak, surat berharga, ataupun uang simpanan setara kas dalam laporannya.

Dia juga tidak memiliki hutang. Bila ditotal-total, harta Bhirawa senilai Rp 6.757.000.000.

Sekilas kisah, Bhirawa adalah anak bungsu dari 8 bersaudara. Jenderal Andika Perkasa sendiri adalah anak ke-4. Meski sang kakak berkarir di TNI, namun Kombes Bhirawa tidak mengikuti jejaknya. Kombes Bhirawa memilih berkarir sebagai anggota Polri.

“Ya mungkin sudah jalannya seperti itu (menjadi anggota Polri),” kata Kombes Bhirawa saat berbincang dengan detikcom.

Ketika Kombes Bhirawa mendaftar di Akademi Kepolisian, Andika Perkasa yang paling men-support dirinya. Andika bahkan menyiapkan fasilitas untuk Bhirawa berlatih.

“Oh ya luar biasa, beliau itu yang totally men-suport saya dan suport itu bukan hanya pas saya mau masuk saja. Dari SMP kita udah diberikan lapangan basket, dibuat tiang untuk pull up, dilatih fisik,” kisah Bhirawa.

 

Sumber : detik.com