Beranda Nasional Menko Maritim dan Menhub Resmikan KMP Ihan Batak di Tobasa

Menko Maritim dan Menhub Resmikan KMP Ihan Batak di Tobasa

406
0
Menko Maritim, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meresmikan KMP Ihan Batak, di pelabuhan Ferry Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sabtu (2/3/2019).

Buktipers.com – Toba Samosir (Sumut)

Menko Maritim, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, meresmikan KMP Ihan Batak, di pelabuhan Ferry Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sabtu (2/3/2019).

Kedatangan Menko Maritim dan Menhub, menggunakan 2 unit Holikopter dan mendarat di Niagara Hotel.

Kehadiran rombongan kedua menteri itu, langsung disambut Anggota DPD RI wiliyah Sumut, Parlindungan Purba, dan anggota Komisi V DPR RI, Anthon Sihombing, dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, dan Wakil Bupati Tobasa.

Menko Maritim, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meresmikan KMP Ihan Batak, di pelabuhan Ferry Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sabtu (2/3/2019). (Foto/Stg)

Kedatangan kedua menteri ini ke kabupaten Tobasa, mempunyai arti yang sangat besar. Karena semakin menumbuhkan semangat dan keyakinan masyarakat untuk berwisata ke kawasan Danau Toba.

Baca Juga!  Bupati Tapteng Letakan Batu Pertama Mushollah Nurul Waton

Wakil Bupati Tobasa, Hulman Sitorus, saat menyampaikan sambutannya, berharap  kedatangan Menko Maritim,  Luhut Binsar Pandjaitan, diharapkan mempercepat pembangunan infrastruktur  untuk mendukung pariwisata di kawasan Danau Toba.

“Sebagaimana diketahui, bahwa kedatangan beliau ke kawasan Danau Toba ini untuk meresmikan KMP Ihan Batak, sekaligus memastikan percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur, strategi pendukung pariwisata, demi perkembangan dan kemajuan industri pariwisata. Beliau juga sangat bersyukur dengan beroperasinya KMP Ihan Batak, di Danau Toba. Karena  ini dapat menarik minat wisatawan datang ke Danau Toba,”kata Hulman.

Menko Maritim, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dan rombongan, foto bersama dekat KMP Ihan Batak, Sabtu (2/3/2019).(Foto/Stg)

Ketersediaan sarana dan prasarana transportasi yang memadai, sangat didambakan masyarakat sekitar Danau Toba, dan pembangunan sarana dan prasarana yang ada di kawasan Danau Toba, yaitu, salah satunya dengan dibangunnya kapal penyeberangan, KMP Ihan Batak yang melayani penyeberangan dari Ajibata,  ke pelabuhan Ambarita, kabupaten Samosir, pulang pergi, ungkapnya.

Baca Juga!  Polemik KJA di Danau Toba Disikapi Anggota DPRD Sumut

Diretur Jederal Perhubungan Darat, Drs Budi Setiyadi SH MSi, mengatakan, pembangunan ini terlaksana berkat kerja sama yang baik dan dukungan pemerintah pusat serta pemerintah daerah.

Dimana pembangunan KMP Ihan Batak, dibangun dengan menelayan  biaya  dari APBN selama 2 tahun anggaran, mulai dari tahun 2017 hingga 2018, dengan total biaya pembangunan sebesar Rp. 32.045.805.000. Kapal penyeberangan KMP Ihan Batak ini, berkapasitas 300 GT.

Menko Maritim, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dan rombongan, saat disambut masyarakat Tobasa, Sabtu (2/3/2019).(Foto/Stg)

Kapal ini memiliki kapasitas angkut 280 orang, 32 unit kendaraan dengan berbagai jenis, serta 10 orang ABK yang siap untuk melayani penyeberangan Ajibata – Ambarita, dengan operator PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Sibolga, paparnya dengan detail.

Dengan adanya kapal penyeberangan ini, diharapkan dapat memperlancar konektifitas antara pulau Sumatera Utara dengan Pulau Samosir dan meningkatkan pelayanan transportasi yang berkeselamatan internasional. Serta peningkatan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Danau Toba. Mengingat Danau Toba diarahkan untuk destinasi pariwisata yang bertaraf internasional, ujarnya.

Baca Juga!  KOPDARGAB All Bikers XVI di Parapat, Tetap Semangat Walau Diguyur Hujan

(Stg)

Loading...