Beranda Nasional Menpar, Arya Sinulingga dan Cendekiawan Karo Bahas Pengembangan KSPN Danau Toba

Menpar, Arya Sinulingga dan Cendekiawan Karo Bahas Pengembangan KSPN Danau Toba

128
0
Menpar Arief Yahya (tengah) bersama Arya Mahendra Sinulingga dan perwakilan Ikatan Cendekiawan Karo Sumut foto bersama usai membahas KSPN Danau Toba. (Foto: Istimewa)
Loading...

Buktipers.com – Jakarta

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menerima audiensi Arya Mahendra Sinulingga bersama perwakilan Ikatan Cendekiawan Karo Sumatera Utara (Sumut) di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Jakarta, Selasa (21/5/2019). Mereka membahas potensi pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Dalam pembahasan tersebut, Arya Sinulingga yang merupakan putra daerah asli Karo menyampaikan beberapa isu strategis. Seperti belum adanya akses tol ke kawasan Utara Danau Toba, meliputi Karo, Dairi dan Pakpak Barat, serta Samosir.

Dia mengatakan, kondisi saat ini, akses menuju lokasi wisata hanya melalui rute Jalan Medan-Brastagi. Namun keberadaan jalan ini sering longsor, kerap terjadi kecelakaan seperti kendaraan terguling hingga kemacetan para sampai 6 jam atau lebih. Hal ini diproyeksi menimbulkan kerugian hingga Rp3-4 miliar per harinya.

Baca Juga!  Trup Gembira Piala Kapolres Dairi, Ini Dia Juaranya  

Selain itu, belum adanya dukungan akses tol ini juga dapat berdampak dengan terjadinya perpindahan minat turis dari kawasan Utara Danau Toba ke Selatan.

Persoalan lain, lingkungan di wilayah Parapat masih kurang sentuhan akibat over-crowded. Dampaknya, komoditas dan pariwisata di kawasan Utara Danau Toba kurang memiliki daya saing karena terjadi disparitas pembangunan.

Lebih lanjut, Arya dan para Cendekiawan Karo Sumut menyampaikan dua usulan program strategis dan meminta perkenaan Menpar Arief Yahya untuk ikut memperjuangkan. Khususnya kepada kementerian terkait dalam upaya dukungan infrastuktur tersebut.

Kedua usulan ini yakni peningkatan Jalan Medan-Brastagi dan pembangunan jalur alternatif (Jalan alternatif Rawasaring serta Jalan Tol Simpang Amplas–Tiga Panah).

Baca Juga!  Kemenpar akan Menyulap Danau Toba jadi Destinasi Utama Wisata Kelas Dunia

“Dua solusi melalui perbaikan aksesibilitas ini tentunya akan mampu menjaga keseimbangan kawasan Danau Toba. Karena Karo ini menjadi wilayah interkoneksi ke-10 kabupaten di sekeliling Danau Toba dan dua provinsi, Sumut dan Aceh,” katanya.

Mendengar pemaparan tersebut, Menpar Arief Yahya pun mengapresiasi usulan Arya Sinulingga dan perwakilan Cendekiawan Karo Sumut. Dia bahkan langsung menugaskan Ketua Tim 10 Bali Baru Hiramsyah S Thaib dan Direktur BPOPDT Basar Simanjuntak untuk menindaklanjuti dan mengawal permohonan tersebut ke kementerian/lembaga (K/L) terkait.

“Kami juga menginginkan tahun 2019 ini dapat segera dimulai realisasinya,” kata Menpar.

Sumber : iNews.id

Loading...