Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti Kunjungi Toba Samosir

0
305
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, saat berkunjung ke Kabupaten Toba Samosir.
Dijual Rumah

Toba Samosir, buktipers.com –  Didampingi Sekjen KKP, N Perbowo, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, berkunjung ke kawasan Danau Toba, dan disambut Bupati Toba Samosir (Tobasa), Ir Darwin Siagian, Direktur Badan Otorita Danau Toba (BOPDT), Arie Prasetyo dan ribuan masyarakat yang rela berdesak-desakan.

Dalam sambutannya, Menteri Kelautan dan Perikanan  menekankan, program peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang harus didukung dengan peningkatan asupan gizi. Salah satunya dengan mendorong masyarakat kawasan Danau Toba untuk menkonsumsi ikan, katanya.

“Ikan sangat penting untuk protein kita. Apalagi untuk anak-anak sekolah, agar masyarakat semakin pintar,”ujarnya.

Menurutnya, SDM memang perlu ditingkatkan. Karena dengan demikian, masyarakat Indonesia dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing, ucapnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, berkunjung ke kawasan Danau Toba, dan disambut Bupati Toba Samosir (Tobasa), Ir Darwin Siagian, Direktur Badan Otorita Danau Toba (BOPDT), Arie Prasetyo.

“Itu demografi kita akan jadi beban. Karena kita punya orang banyak, tapi tidak bisa dipintarkan orangnya. Akhirnya surplus demografi menjadi pukulan balik untuk kita,”ujar Susi.

Selain itu, asupan gizi, khususnya protein yang berguna untuk otak juga harus ditingkatkan. “Material anak-anak kita harus kita siapkan, supaya bisa menerima pendidikan, training, dan lain sebagainya untuk bisa beradaptasi dan berkompetisi. Tapi kalau hanya pas-pasan, ya nggak bisa dan ikan itu sumber protein yang paling murah dan paling gampang dicari,” papar Susi Pudjiastuti.

Selain itu, dia menegaskan, peningkatan konsumsi ikan juga dapat berguna untuk menekan angka stunting di Indonesia. Sebab, jika melihat data, maka daerah dengan konsumsi ikan rendah justru angka stuntingnya tinggi.

Karena itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) harus berada di garda terdepan untuk mengawasi dan menjaga agar sumber daya kelautan Indonesia, khususnya kawasan Danau Toba agar dapat dikelola dengan baik, ujarnya.

(Stg)