Minggu Ini, Penyesuaian Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Resmi Diberlakukan

0
1
Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sebagai bagian dari Tol Trans Sumatera. (ANTARA/HO-Hutama Karya)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) di Lampung akan memberlakukan penyesuaian tarif secara resmi mulai Minggu (29/8/2021) pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tarif penting dilakukan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, selain telah diatur sesuai dengan regulasi dari pemerintah, penyesuaian tarif juga perlu dilakukan untuk menjaga kepercayaan investor dalam membangun iklim investasi jalan tol yang kondusif.

“Perlu ada pengembalian dana yang diperoleh dari pendapatan tol agar pengembaliannya sesuai dengan business plan yang sudah disepakati demi keberlanjutan jalan tol tersebut,” ujar Koentjoro di Jakarta, Jumat (27/8/2021).

Menurutnya, penyesuaian tarif telah diikuti dengan peningkatan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Perusahaan berkomitmen memberikan pelayanan yang optimal bagi seluruh pengguna jalan tol.

“Dari sisi pelayanan transaksi, kami telah menambah beberapa gardu tol yakni 2 gardu tol di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan, dari semula 5 gardu menjadi 7 gardu. Kemudian 2 gardu tol di GT Kotabaru dari 4 gardu menjadi 6 gardu. Kami juga melakukan penambahan 6 unit Mobile Reader di GT Bakauheni Selatan dan 2 unit Mobile Reader di GT Terbanggi Besar,” katanya.

Dari sisi peningkatan pelayanan lalu lintas, Hutama Karya juga konsisten dalam melaksanakan giat penertiban kendaraan ODOL.

Setelah dilakukan sosialisasi masif sejak 12 Juni 2021 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 732/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) tanggal 9 Juni 2021.

Hutama Karya selaku pengelola Tol Bakter menginformasikan penyesuaian tarif tersebut secara resmi akan diberlakukan, terhitung mulai Minggu (29/8/2021) pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tarif tol telah diatur berdasarkan regulasi tentang jalan tol yang terdapat pada Peraturan Presiden (PP) Nomor 17 Tahun 2021 tentang perubahan keempat atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Disebutkan evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

 

Sumber : iNews.id