Beranda Serba Serbi Minta Kades Teluk Dalam Di Copot, GM Pekat IB Bersama Warga...

Minta Kades Teluk Dalam Di Copot, GM Pekat IB Bersama Warga Geruduk Kantor Bupati Asahan

965
0

BuktiPers.com – Asahan (Sumut)

Generasi Muda Pembela Keutuhan Tanah Air Indonesia Bersatu (GM Pekat – IB) Asahan bersama masyarakat Desa Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam, Asahan mendatangi Kantor Bupati Asahan menuntut agar Bupati mencopot Kepala Desa Teluk Dalam yang dinilai gagal memimpin pemerintah desa.

Koordinator aksi Adi Chandra Pranata dalam orasinya menyebutkan saat ini masyarakat di desa Teluk Dalam sudah gerah dengan pola kepemimpinan Kepala Desa yang dipinpin oleh Jimmy Carter Sitorus sejak menjabat dua tahun lalu.

“Semenjak kepemimpinan Jimy Carter Sitorus banyak terjadi dugaan penyelewengan anggaran dana desa yang seharusnya digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa beralih ke kantong pribadi. Kami menilai perkembangan kemajuan desa teluk dalam khususnya dibidang infrastruktur sangat jauh tertinggal dibandingkan desa desa lainnya di Kabupaten Asahan,” ujar Chandra.

Baca Juga!  Bupati OKU Selatan Hadiri Pertemuan Dengan Presiden

Hal senada diungkapkan M. Syafi’i salah seorang warga Teluk Dalam yang menyebutkan banyak terjadi tumpang tindih pembangunan desa yang diketahui oleh masyarakat yang tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh Kepala Desa diantaranya pemotongan dana hibah untuk rumah ibadah, dan gaji angggota BPD Desa yang sudah dua bulan tak dibayarkan.

“Disamping itu, ada bantuan CSR dari perusahaan perkebunan untuk pembangunan jalan di desa kami, namun oleh Kepala Desa malah dana itu dibangunkan di jalan yang memang sudah masuk dalam anggaran dana desa,” kata Syafii.

Kasus dugaan korupsi kepala desa mereka ini, kata Syafii tengah bergulir pemeriksaannya di Polres Asahan mulai bulan lalu. Namun mereka menduga lambannya pemeriksaan terhadap kepala desa hingga menimbulkan kesan ketidakpastian yang berdampak pada pembangunan daerah mereka.

Baca Juga!  Polres Asahan Release 2 Kasus Curat Dan Judi

Masa aksi yang berdemo kemudian diterima oleh Paijan selaku Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Kepada masa aksi Paijan menjelaskan Pemkab Asahan saat ini masih menunggu hasil penyelidikan dari Polres Asahan terkait dugaan penyelewengan dana desa yang di Teluk Dalam.

“Kami masih menunggu hasil penyelidikan terhadap kepala desa Teluk Dalam yang masih dalam proses. Sementara itu dulu sehingga kami belum dapat mengambil sikap tentang tuntutan aksi hari ini,” ujarnya. (Surya S/Darmaji)

Loading...