Miris, Sekeluarga di Medan Johor Tinggal di Rumah Tak Layak Huni selama 20 Tahun

0
1
Rumah tak layak huni yang ditinggai sekeluarga di Jalan Pantai, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Faktor keterbatasan ekonomi membuat sekeluarga tinggal di rumah tak layak huni selama 20 tahun.

Rumah mereka berada di Jalan Pantai, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara.

Pantauan iNews, kondisi rumah berdinding anyaman kayu dan kondisinya miring nyaris roboh serta hanya diganjal dengan bambu. Bagian sisi dan sudut dinding atap rumah juga terlihat sudah berlubang. Apabila hujan deras, air masuk ke dalam rumah.

Begitu juga beberapa ruangan seperti kamar dan ruang tamu yang tampak gelap hanya dihiasin barang bekas untuk menutup lubang dinding rumah.

Tujuannya agar angin tidak masuk saat malam hari yang dapat menganggu mereka beristirahat. Posisi rumah ini berada di atas ketinggian tanah dengan lantai beralaskan semen dan tanah yang sudah retak karena adanya pegeseran akibat hujan deras.

Kepala rumah tangga tersebut yakni bernama Anggiat Sitorus. Di rumah itu, dia tingga bersama istri dan tiga anak serta cucunya.

Pengakuannya selama ini, mereka tidak pernah tersentuh bantuan pemerintah setempat dalam bentuk apa pun.

Anggiat mengaku hanya pasrah atas nasibnya. Untuk keseharian, dia bekerja sebagai sopir angkutan umum untuk menafkahi keluarganya. “Saya terpaks tinggal di sini bersama istri dan tiga anak. Memang rumahnya gak enak tapi karena keadaan saya tidak punya tempat tinggal lain,” ujarnya, Jumat (23/7/2021).

Dengan kondisi rumah yang tidak layak huni ini, dia pernah meminta bantuan kepada pemerintah setempat, namun belum ada respons. Dia hanya bisa berpasrah diri dan tegar menjalani kehidupannya.

 

Sumber : iNews.id