Moeldoko: Orang Kaya Ikut Nikmati Subsidi Pemerintah Tanpa Malu!

0
1
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: dokumen pribadi
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Banyak orang menengah atas menikmati subsidi energi pemerintah tanpa malu-malu. Hal ini membuat anggaran pemerintah naik luar biasa.

Demikian kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam Seminar Wawasan Kebangsaan: Strategi Pemerintahan Jokowi Menjaga Keseimbangan Stabilitas & Keterbukaan di Era Disrupsi Informasi, dikutip Selasa (19/7/2022).

“Orang kaya, orang menengah ikut menikmati subsidi itu dengan tidak malu-malu,” kata Moeldoko.

Moeldoko menjelaskan kenaikan harga minyak dunia telah direspons oleh banyak negara dengan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Di Indonesia, harga BBM masih ditahan pemerintah dengan diberikan disubsidi.

“Harga BBM kita itu paling murah kecuali di Malaysia, yang lainnya sangat mahal. Harga gas yang 3 kg itu (di Indonesia) sudah hampir 12 tahun tidak pernah dinaikkan harganya. Harganya sekarang Rp 4.300/kg, kita mau mencoba melihat mungkin nggak dinaikkan ke Rp 8.000? Itu pun kita harga rata-ratanya masih Rp 20.000,” tuturnya.

Pemerintah pun dilema. Jika harga BBM dan LPG subsidi dinaikkan, situasi masyarakat saat ini sedang sulit. Di sisi lain jika tidak dinaikkan, negara menanggung beban subsidi yang semakin besar.

“Kita sekarang ini menghadapi situasi yang tidak enak. Persoalan energi, mau dinaikkan masyarakat lagi sulit, tidak dinaikkan negara kesulitan,” ujarnya.

Demi meminimalisir ketidaktepatan subsidi, pemerintah akan mengubah sistem distribusi penyaluran agar lebih tepat sasaran. Caranya adalah memberikannya langsung ke orang atau individu penerima.

“Kita sedang berpikir sekarang diubah kebijakannya menuju ke subsidi orang agar betul-betul address-nya jelas, mereka yang berhak menerima, itu yang seharusnya mendapatkan subsidi. Sekarang subsidinya masih dalam bentuk barang,” jelasnya.

 

Sumber : detik.com