Beranda Siantar Momen Cheng Beng, Masyarakat Tionghoa Silaturahmi di Rudin Walikota Siantar

Momen Cheng Beng, Masyarakat Tionghoa Silaturahmi di Rudin Walikota Siantar

85
0
Ratusan masyarakat etnis Tionghoa memadati rumah dinas Walikota Pematangsiantar di Jalan MH Sitorus, Sabtu (6/4/2019) malam. Kehadiran mereka dalam rangka perayaan Cheng Beng dengan tema ‘Silahturahmi Terjalin Keluarga Terjaga’.(foto/ist/kolaseBP)
Loading...

Buktipers.com – Pematangsiantar

Ratusan masyarakat etnis Tionghoa memadati rumah dinas (Rudin) Walikota Pematangsiantar di Jalan MH Sitorus, Sabtu (6/4/2019) malam dalam rangka perayaan Cheng Beng dengan tema ‘Silahturahmi Terjalin Keluarga Terjaga’.

Perwakilan generasi muda Tionghoa Kota Pematangsiantar, Rudi Wu dalam kesempatan itu menyampaikan rasa terima kasihnya atas prakarsa acara tersebut.

“Acara ini untuk mempererat tali kekeluargaan kita. Budaya Cheng Beng sangat sakral bagi kami karena kami tidak akan melupakannya begitu saja untuk menghormari para leluhur,” katanya.

Lebih lanjut, Rudi Wu mengajak seluruh temannya untuk berperan aktif dalam pelaksaan Pemilu tahun 2019 yang tak lama lagi.

Ow Heri Dermawan sebagai tokoh etnis Tionghoa Kota Pematangsiantar menyatakan sangat bahagia atas terlaksananya acara tersebut.

Baca Juga!  Tekad Risda untuk Tetap Blusukan ke Rumah Wong Cilik

“Kita tetap menjaga kebersihan di Kota Pematangsiantar dan tetap mendukung program Pemerintah Kota Pematangsiantar,” sebutnya.

Sementara itu Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM mengatakan, Cheng Beng merupakan tradisi etnis Tionghoa untuk melakukan ritual sembahyang, yang tujuannya mengenang para leluhur yang sudah meninggal.

“Semua keinginan dan impian para leluhur dipenuhi dengan cara mempersembahkan sajian,” kata Hefriansyah.

Masih kata Hefriansyah, momen Cheng Beng merupakan salah satu perayaan besar etnis Tionghoa.

“Untuk itu, dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat merayakan Cheng Beng bagi saudara- saudariku sekalian,” katanya lagi.

Dengan perayaan Cheng Beng, Hefriansyah berharap Kota Pematangsiantar semakin menarik untuk dikunjungi. Apalagi saat perayaan Cheng Beng, banyak etnis Tionghoa asal Kota Pematangsiantar yang berada di luar kota maupun luar negeri, kembali untuk berziarah ke makam leluhur atau istilahnya pulang kampung.

Baca Juga!  Jelang Sidang Sengketa Pemilu di MK, Ini Dilakukan Polres Sergai

“Tentunya momen ini sangat bagus sekali untuk kemajuan Kota Pematangsiantar,” sebut Hefriansyah.

Lebih lanjut Hefriansyah mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Pematangsiantar tengah berbenah dengan melakukan terobosan-terobosan baru di bidang pariwisata.

Sejumlah lokasi baru tengah dipersiapkan sebagai tempat wisata. Ada Taman Beo, Taman Kehati, serta permainan air di sekitar Sungai Bah Bolon.

“Untuk itu mengajak saudara saudari saya untuk dapat bersinergi mendukung program Pemerintah Kota Pematangsiantar dalam pengembangan potensi yang dimiliki kota kita yang kita cintai bersama,” imbaunya.

Turut hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda Kota Pematangsiantar dan para tamu undangan. (hms/red)

 

Editor: Maris

Loading...