Nasib 14 Tersangka Pencurian Kotak Suara Pilkades Dairi 2021, Hinca Panjaitan Bilang Begini

0
1
PILKADES DAIRI - Komisi III DPR RI, Hinca Panjaitan menerima berkas kasus kericuhan Pilkades 2021 di Kabupaten Dairi. TRIBUN MEDAN/ALVI SUWITRA
Dijual Rumah

Sidikalang, buktipers.com – Kabupaten Dairi sempat dihebohkan dengan ricuhnya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang terjadi pada akhir tahun 2021 lalu.

Kerusuhan terjadi di Desa Bertungen Julu Kecamatan Tigalingga Kabupaten Dairi.

Di lokasi tersebut , petugas mengamankan 9 orang atas perusakan kotak suara.

Para tersangka melakukan aksi pencurian kotak suara dan juga memukul anggota kepolisian yang kala itu berjaga di lokasi kejadian.

Terkait hal itu, Kasat Reskrim Polres Dairi, AKP Rismanto J Purba menyerahkan berkas kepada Anggota Komisi III DPR RI, Hinca Panjaitan dimana pihaknya mengamankan 14 tersangka, yang sudah dalam tahap P21 dan dihentikan.

Dalam berkas tersebut, polemik dalam pilkades tahun 2021 itu sudah diselesaikan melalui restorative justice.

“Saya ingat betul dengan kasus pilkades kemarin, yang ternyata sudah P21, tersangkanya juga lengkap. Tapi atas dasar keinginan masyarakat, masalah ini bisa diselesaikan dengan restorative justice, ” Ujar Hinca kepada Tribun Medan, Rabu (3/8/2022).

Ini akan saya bawa ke Kapolri untuk menjadi percontohan dalam pilkades di seluruh Indonesia, ” Tambahnya.

Menurutnya, kompetisi dalam pesta demokrasi akan menimbulkan kemarahan, namun hanya sesaat saja.

“Pesta demokrasi tidak boleh memenjarakan sesama peserta demokrasi. Ternyata, Polres Dairi melakukan restorative justice dengan baik, dan saya mengapresiasi nya, ” Tutupnya.

 

Sumber : tribunnews.com