Nelayan Tanjung Beringin Keluhkan Susah Cari Es dan Minyak Solar Saat Ingin Melaut

0
5
Terlihat beberapa sampan nelayan bertambat di dermaga.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Ribuan nelayan yang setiap hari mencari nafkah di laut, mengeluhkan sulitnya untuk mendapatkan es dan minyak solar.

Sudah 17 tahun usia Kabupaten Serdang Bedagai, namun hingga kini belum ada solusi dari Pemkab Sergai, untuk meringankan beban ribuan nelayan Tanjung Beringin. Apalagi saat ini pendapatan nelayan selama pandemi Covid-19 jauh berkurang.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan es setiap hari, nelayan hanya dapat beli dari pengecer yang didatangkan dari Kota Medan dengan harga yang cukup menguras isi dompet.

Sedangkan minyak solar diperoleh dengan membelinya dari SPBU yang ada di Desa Firdaus dan Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah.

Padahal, jika ada SPBN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Nelayan) dan pabrik es ada di Kecamatan Tanjung Beringin, maka sangat membantu dan meringankan beban masyarakat nelayan menjadi berkurang, ujar Erwansyah, salah satu nelayan Tanjung Beringin, Minggu (7/3/2021).

“Kita berharap, Bupati Sergai, H. Darma Wijaya, sewaktu kampanye Pilkada Sergai tahun 2020 lalu, pernah melontarkan janji akan membangun pabrik es dengan membawa investor ke Tanjung Beringin. Angkah bahagia jika pabrik es tersebut bisa dibangun dan jelas keberadaan bangunan itu memudahkan nelayan memenuhi es setiap hari dengan harga terjangkau,”ujarnya.

“Kita yakin, Bupati tidak akan mengecewakan ribuan nelayan di Tanjung Beringin dan berkenan mewujudkan pembangunan pabrik es dan tempat pengisian minyak solar yang menjadi kebutuhan sehari-hari bagi nelayan untuk mencari nafkah di laut,”tambah Erwansyah.

Menanggapi harapan masyarakat nelayan tersebut dan bentuk komitmen dari janji saat kampanye, Bupati Sergai, belum lama ini telah berkunjung ke Tanjung Beringin yang turut membawa investor asal Kota Medan melakukan peninjauan terhadap lokasi untuk pembangunan pabrik es di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin.

“Saat disela kunjungan tersebut, Bupati Sergai mengharapkan masyarakat nelayan Tanjung Beringin dapat bersabar,”imbuh Darma Wijaya.

 

(ML.hrp)