Nelayan Tradisional Bedagai Ini Harapkan Perhatian Pemerintah

0
32
Nasrun tunjukkan ikan hasil tangkapannya.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Nasrun (37), warga Dusun 1 Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang kesehariannya sebagai nelayan tradisional, mengarapkan adanya perhatian pemerintah.

Nelayan punya dua anak ini, menuturkan kesedihannya, kepada buktipers.com, saat sedang menjaring ikan, Jumat (16/10/2020), sekitar pukul 13,35 WIB, di Sungai Bedagai.

Kata Nasrun, dia mulai mengayuh sampan dari sekitar pukul 06.30 WIB, menuju ancak (sasaran) untuk meletakkan jaringnya di sungai.

“Bang, saya berangkat dari rumah menuju sungai (ancak) menggunakan sampan kayu,”bilangnya.

Dalam perjalanan sampai ke tujuan, kurang lebih satu jam, itupun jika ancaknya dekat, dan jika jauh, bisa mencapai dua jam lebih, kata Nasrun.

Sungguh berat memang, tapi demi menghidupi istri dan dua anak, terpaksa kita kerjakan, ucapnya.

Masih katanya, jika pasang besar, dia menjaring ikan di Sungai Bedagai. Namun, kalau pasang mati dan pasang menyorong, terpaksa dia menjaring ikan ke Sungai Kuala dengan mengayuh sampan yang jaraknya lebih kurang 4 kilo meter, dengan jarak tempuh dua jam.

Adapun jenis ikan yang masuk ke jarring, berupa ikan Duri dan ikan Baung, dengan cara memukul-mukul air agar ikan bisa dapat.

“Kita menjaring sebanyak enam kali, dan mengenai mendapat ikan, rata-rata per hari kurang lebih 8 kg, jika diuangkan sekitar Rp70 ribu – Rp80 ribu. Alhamdulillah, bisa memberi makan anak dan istri, “kata Nasrun.

Disinggung, pernahkah dia mendapatkan bantuan dari Pemerintah? Jawab Nasrun, bantuan dalam bentuk apapun, baik itu PKH, BLT, tidak pernah sama sekali diperolehnya.

Yang sedihnya, orang yang bukan nelayan malah dapat bantuan dari pemerintah. Sedangkan saya, asli nelayan tidak pernah dapat, ucapnya dengan nada sedih.

Nasrun bermohon kepada pemerintah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, agar dapat membantunya untuk mempasilitasi dan mendapatkan bantuan, berupa sampan kecil yang dilengkapi dengan mesin dan jaring ikan. Supaya melaut tidak mengayuh sampan dengan menggunakan tenaga, katanya berharap.

(ML.hrp)