Numpang Tidur sambil Congkel Kotak Amal Masjid, Pria di Medan Dihajar Warga

0
2
Akmal, pelaku pencurian kotak amal di Medan (Yudha Bahar/iNews)

Medan, buktipers.com – Nasib sial dialami Akmal (50), warga Bagan Deli Belawan, Medan, Sumatera Utara (Sumut) ini nyaris tewas dihajar warga. Akmal menjadi bulan-bulanan warga karena terekam CCTV sedang mencongkel kotak amal.

Insiden pencurian itu terjadi pada Selasa malam (25/8/2020) di Masjid Nurul Yakin, Jalan Pelabuhan Raya PJKA, Lingkungan 3, Kelurahan Belawan Dua, Kecamatan Medan Belawan, Medan, Sumut.

Kepala Lingkungan 3, Ali Arman Sihombing mengatakan, pelaku ini ditangkap setelah warga resah karena uang di dalam kotak Infaq sering hilang.

“Uang jutaan rupiah di kotak amal masjid sering hilang,” kata Ali Arman saat ditemui iNews.

Ali Arman menambahkan, lantaran curiga, warga kemudian memantau CCTV yang terpasang di kawasan masjid. Sekitar pukul 23.00 WIB, warga melihat pelaku sedang mencongkel kotak infak menggunakan penjepit lidi.

“Warga yang melihat langsung menangkap pelaku,” katanya.

Ali Amran melanjutkan, pelaku menjadi bulan-bulanan warga yang geram dengan aksi pencuriannya. Beruntung, petugas dari Polsek Belawan datang dan langsung mengamankan pelaku.

Menurut dia, hilangnya uang di kotak amal ternyata tak terjadi kali ini saja. Sudah lebih dari tiga kali uang di kotak amal hilang.

“Uangnya hilang, sudah tiga kali di bulan ini. Pelaku ini sering tidur di halaman masjid, pas dilihat di CCTV tenyata benar dia yang ambil,” katanya.

Lebih lanjut Ali Imran mengatakan, pelaku mencongkel uang dengan menggukan kawat. Kawat itu diduga diberi lem agar uangnya menempel sehingga bisa ditarik keluar.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

 

Sumber : iNews.id