Beranda Sumut Pacu Sampan Dayung Ramaikan HUT RI ke 74 bersama AR-GEMA PDT

Pacu Sampan Dayung Ramaikan HUT RI ke 74 bersama AR-GEMA PDT

144
0
Aliansi Gerakan Masyarakat Pecinta Danau Toba (Ar-Gema PDT) mengadakan berbagai perlombaan, di kelurahan Tiga Raja, kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (17/8/2019).
Loading...

Simalungun, buktipers.com – Meramaikan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke  74, Aliansi Gerakan Masyarakat Pecinta Danau Toba (Ar-Gema PDT) mengadakan berbagai perlombaan, di kelurahan Tiga Raja, kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (17/8/2019).

Acara ini, terlaksana berkat sinergitas antara Pemerintah Kecamatan Girsip, dengan Ar-Gema PDT, Lurah Tiga Raja, Darma Donni F Silalahi. SH, Babinsa Kelurahan Tiga Raja, Sertu Fery Gultom, Dinas Perhubungan, Puskesmas Parapat, Kepala Lingkungan Tiga Raja, Jekson Simbolon, Basarnas Markas Danau Toba, Ikatan Muda Mudi Tiga raja (IMMT) serta Tokoh Masyarakat setempat.

Kegiatan ini, merupakan tradisi budaya turun temurun, di kawasan Danau Toba.

Perlombaan solu marsada-sada atau sampan dayung, sudah terus dilakukan dan juga menjadi salah satu ikon dan hiburan rutin masyarakat, di seputaran kawasan Danau Toba.

Kali ini, lokasi hiburan rakyat tersebut, diadakan di dermaga pelabuhan Kapal Tiga Raja Tomok.

Baca Juga!  Ketua DPW PNTI Sumut Minta KJA di Danau Toba Dibersihkan

Sebelum lomba dayung sampan dimulai, yang diikuti puluhan masyarakat Tiga Raja, juga digelar acara panjat pinang miring, perlombaan renang Sekolah Dasar (SD) 75 meter, renang tingkat Sekolah Menengah Pertama 50 meter, renang Ibu-ibu Tiga Raja 30 meter, makan kerupuk (anak – anak) dan perlombaan oper tepung terigu kategori Ibu-Ibu.

Warga Parapat dan sekitarnya, serta para wisatawan tampak antusias melihat perlombaan tersebut, apalagi  panjat pinang miring yang baru pertama kali digelar di atas permukaan air Danau Toba.

Adapun para peserta yang gagal, langsung terjatuh ke air Danau Toba dan seketika itu pula, membuat para penonton tertawa-tawa.

Sementara itu, Ketua Ar-Gema PDT, Ingot Manik, didampingi Ramlan Tampubolon, Vera Situmorang dan ketua pelaksana, P Marpaungun, mengatakan “Seiring dengan kebijakan pemerintah yaitu untuk pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba, khususnya di kota wisata Parapat ini, mau tidak mau, kelurahan Tiga Raja harus berbenah untuk menyambut program pemerintah pusat tersebut,”ujarnya.

Baca Juga!  Ratusan Tenaga Honorer Pemkab Simalungun Lakukan Aksi Ke Gedung DPRD

“Masyarakat Tiga Raja harus bahu membahu, bergotong royong untuk membenahi lingkungan serta meningkatkan rasa kepedulian dan kesadaran di bidang kepariwisataan dan memperkuat persatuan, demi kemajuan kelurahan Tiga Raja, karena kelurahan ini, salah satu pintu masuk ke  Kabupaten Samosir,”katanya.

Masyarakat yang ada di kelurahan Tiga Raja, selaku pelaku pariwisata harus mampu menjaga suasana yang kondisif dan tentram dan mencintai  nilai-nilai budaya. Serta potensi alam yang melimpah di kelurahan Tiga Raja ini,”ucap Ingot.

Sementra itu, Camat Girsip, Eva Suryati, Kapolsek Parapat, AKP Irsol, Denramil 11 Parapat, Kapten Inf Prawoto SH, yang ikut dalam perlombaan sampan dayung mengatakan, “bahwa tradisi kita yang terus terjaga dengan baik ini, adalah titah dan amanah nenek moyang kita. Semoga generasi kita ke depan, bisa terus menjaga kegiatan seperti ini,”ucapnya.

Baca Juga!  Dua Wakil Rakyat Angkat Bicara Terkait Dugaan Penenggelaman Limbah Ikan Mati ke Dasar Danau Toba

Hal senada juga disampaikan Lurah Tiga Raja, Darma Donni F Silalahi SH.

Kegiatan seperti ini harus dipertahankan dan tidak hanya sampai di situ katanya.

Disamping menjadi hiburan bagi masyarakat, kegiatan ini  juga mampu menyedot pengunjung, hingga puluhan ribu. Sehingga tumbuh kegiatan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat, serta melahirkan bibit atlet dayung yang handal, ucapnya.

Ada pun pemenang perlombaan, yakni, juara satu lomba sampan dayung,  Jeck Barger Sirait, juara satu lomba renang tingkat SMP 50 meter, Simon Tanpu Bolon, juara satu Lomba renang tingkat SD 75 meter, Moses Sinaga, dan juara satu renang Ibu-Ibu 30 meter, Betty Silaen

(Stg)

Loading...