Paluta Diguncang 2 Kali Gempa Bumi Siang Ini, Warga Berhamburan Keluar

0
190
Ilustrasi gempa bumi. (Net)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Gempa bumi beruntun mengguncang Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), Sumatra Utara, Rabu (11/8/2021) siang.

Gempa pertama berkekuatan magnitudo 5,3 pada pukul 12:19 WIB. Lalu gempa kedua magnitudo 3,1 pada pukul 12:31 WIB.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Medan, pusat gempa pertama berada pada kedalaman 10 kilometer di titik koordinat 1,43 LU dan 99,48 BT atau sekitar 20 kilometer arah Barat Daya Paluta.

“Gempa dirasakan di wilayah Aek Godang. Gempa tidak berpotensi tsunami,” ujar Staf Analisis PGR 1 Medan Lewi Ristiyono, Rabu (11/8/2021).

Gempa sempat membuat warga panik berhamburan keluar rumah. Termasuk warga yang sedang bersiap melaksanakan sholat Dzuhur di masjid-masjid kawasan tersebut.

“Iya kuat sekali terasa tadi. Kaca jendela masjid sempat bergetar kuat. Kami yang di masjid pun berhamburan keluar,” kata Saparuddin (49), warga Aek Godang yang dihubungi wartawan.

Sementara itu, gempa kedua berpusat di titik koordinat 1,37 LU dan 99,55 BT pada kedalaman 3 kilometer atau sekitar 19 kilometer arah Barat Daya Paluta.

“Gempa susulannya terasa cukup kuat juga. Sepertinya juga lebih lama. Saudara di Padangsidimpuan pun katanya juga merasakan gempa,” ujar Saparuddin.

Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan rumah akibat gempa yang berpusat di daratan tersebut. Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paluta masih melakukan pendataan ke masyarakat.

 

Sumber : iNews.id