Parah…!!! Carut-Marut Pelaksanaan Dana Desa Nagori Hatonduhan

0
1085
IMG-20170923-WA0021

BuktiPers.Com – Simalungun (Sumut)

Dana desa yang telah dikucurkan pemerintah ke desa/nagori untuk pembangunan infastruktur dan pemberdayaan masyarakat nagori. Seperti yang saat ini pemerintah Kabupaten Simalungun telah memberikan 60% tahap pertama untuk digunakan pemerintah nagori di seluruh Kabupaten Simalungun.

Namun pelaksanaan penggunaan dana desa tersebut banyak dugaan tindakan korupsi yang dilakukan oleh pemerintah nagori dan tidak menggunakan dana desa sesuai dengan perencanaan yang telah dimusyawarahkan masyarakat.

Salah satunya dalam pantauan BuktiPers.Com di Nagori Hatunduhan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Dimana salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah pengerjaan telfoard di Huta Sorba I Nagori Hatonduhan yang menelan anggaran hingga Rp. 158 juta, Namun mengecewakan warga yang menggunakan jalan tersebut.

Kekecewan warga terhadap pengerjaan telfoard yang terkesan hanya untuk menguntungkan kantong pada Plt pangulu yang bermarga Sirait, diutarakan marga Sinaga yang mengaku Ketua Maujana di Nagori Hatonduhan tersebut.

“Aku sudah bilang sama Jek Sinambela tidak akan saya tanda tangan laporannya ini, karena Jek adalah TPK harus bertanggung jawab pada kegiatan. Jangan dana desa ini menjadi pengisi kantong pangulu,” kesal Sinaga.

Dalam pantauan di lokasi kegiatan, Sabtu (23/9/2017) tampak sepertinya sudah siap dikerjakan, namun diduga karena tidak dilakukan pembersihan profil, penggilasan dengan alat berat (bomag) dan hamparan pasir urug sehingga membuat badan jalan hancur dan batu padas yang dipasangkan tersorong dari badan jalan.

Semoga inspektorat dan aparat penegak hukum lainnya memeriksa tim pelaksana kegiatan dan Plt Pangulu Nagori Hatonduhan karena terindikasi dana desa dikorupsi sehingga mutu dan hasil pembangunan asal jadi. (RS/Red)